Jaya Accounting Competition and Carnival Week 2022: Berpikir Kreatif dan Cerdas dalam Keterbatasan/ foto istimewa

Tangerang (BantenKita)- Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Bintaro melalui kegiatan Jaya Accounting Competition and Carnival Week atau yang biasa disebut dengan JACC Week, mencoba untuk terus berinovasi dalam memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa mengenai teknik cerdas berinvestasi dalam kegiatan Seminar dan Sharing Literasi Keuangan. Selain itu, dalam kegiatan ini diadakan lomba-lomba untuk mengembangka minat dan bakat dari para peserta Siswa SMA dan SMK, serta Mahasiswa dari Universtas lain yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia.

Jaya Accounting Competition and Carnival (JACC) Week merupakan acara terbesar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi berkolaborasi dengan Dosen di Prodi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk seminar dan kompetisi yang beragam jenisnya. Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) meyakinkan diri dengan terlaksananya kegiatan ini mampu membantu siswa/i setara Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa untuk menjadi lebih produktif dalam menggali potensi kreatifitas diri. Kegiatan JACC Week 2022 dilaksanakan pada tanggal 21 – 25 Februari 2022 secara virtual.

Kegiatan utama dalam Jaya Accounting Competition and Carnival Week (JACC) tahun 2022 adalah seminar dengan tema cerdas berinvestasi risiko terkendali. Ada pun kegiatan lomba yang dilaksanakan dalam JACC 2022 ini terbagi menjadi 2 kategori, yaitu lomba akademik dan non akademik. Pada tahun ini kegiatan JACC dimeriahkan pula dengan kegiatan workshop untuk guru dan tenaga pendidik serta alumni sharing session.

Koordinator Kemahasiswaan dan Pembina Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi UPJ, Farhan Ady Pratama mengatakan, situasi pandemi yang sedang melanda saat ini nyatanya tidak membatasi kreatifitas para peserta untuk memperoleh pengetahuan dari seminar dan sharing session serta perlombaan dalam kegiatan ini. Dengan menggunakan pertemuan virtual, para peserta dapat memperoleh pengetahuan terkait investasi dalam Seminar Cerdas Berinvestasi yang mengundang para pakar muda di bidang pasar muda dan invetasi. Kegiatan JACC juga mengajar para Guru di area Tangerang Selatan dan berbagai daerah untuk memberikan stimulus kepada peserta didiknya melalui kegiatan Workshop “Computational Thinking”. Selain itu, untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dan sebagai penutup acara, Alumni Prodi Akuntansi berbagi wawasan terkait literasi keuangan dan tips sukses kuliah kepada seluruh peserta dalam acara Alumni Sharing Session.

“Dengan situasi saat ini tidak membatasi Mahasiswa Prodi Akuntansi untuk menyelenggarakan acara yang menjadi wadah untuk para peserta untuk memperoleh pengetahuan dari para Narasumber dalam Kegiatan Seminar dan para peserta untuk berkompetisi dalam Kegiatan Lomba Akademik dan Non Akademik, semua dilakukan secara Online dan para peserta sangat antusias dalam mengikuti Kegiatan tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Minggu (27/02/2022).

Terdapat 2 sesi dalam seminar kali ini yaitu Seminar Sesi 1 yang dilaksanakan pada Hari Selasa, 22 Februari 2022 dengan narasumber Frisca Devi Choirina. sebagai Co Founder NGERTISAHAM dan Narotama Aryanto sebagai Direktur Utama Indonesia SIPF (Securities Investor Protection Fund) Sedangkan Seminar Sesi 2 yang dilaksanakan pada Hari Jumat, 25 Februari 2022 dengan narasumber Fadjar Sidiq Hidayahtullah sebagai Founder Seni Pasar modal. Dalam Kegiatan ini narasumber memaparkan bagaimana mahasiswa sebagai seorang investor muda dapat memilih instrumen investasinya dan menanggulangi risiko yang tinggi dari instrumen investasi yang akan dipilihnya.

Kepala Program Studi Akuntansi UPJ, Irma Paramita Sofia menambahkan, tema seminar sesuai dengan fenomena di pasar modal global bahwa investor milenial sedang mendominasi pasar. Sehingga tentu saja para investor muda termasuk mahasiswa ini perlu dibekali dengan pemahaman pengetahuan terkait investasi agar dapat berhati-hati dalam berinvestasi.

Ada pun Workshop Computational Thinking digelar ditujukan kepada Guru-guru di area Tangerang Selatan dan berbagai daerah di Indonesia terkait Computational Thinking dan High Order Thinking Skills (HOTS). Yang mana kedua ketrampilan ini sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk menghadapi tantangan pada era abad ke-21 ini. Acara ini dikemas dalam bentuk diskusi dan latihan penyusunan soal HOTS di bidang ekonomi oleh dua narasumber yaitu Safitri Jaya selaku Kepala Program Studi Informatika UPJ dan Irma Paramita Sofia selaku Kepala Program Studi Akuntansi UPJ.

Kemudian ada lomba infografis, sebagai bentuk kegiatan lomba akademik diadakan lomba infografis, dimana para peserta diminta melakukan pembuatan desain dengan tema Pentingnya Vaksinasi Covid 19 di Masa Pandemi , Penanganan covid 19 di Indonesia selama satu tahun Terakhir, serta Tips pembelajaran Daring selama Pandemi Covid 19.Adapun penilaian yang diutamakan dalam kegiatan ini adalah Orisinalitas karya, kualitas poster, format poster, isi poster, dan Presentasi oleh tim peserta. Adapun karya infografis dinilai oleh 2 Dosen yaitu Bapak Farhan Ady Pratama, dari Prodi Akuntansi dan Ratno Suprapto dari Prodi Desain Komunikasi Visual.

Lomba Bussiness Model Canvas Tema ‘Bisnis Kreatif Dan Inovatif Bagi Generasi Z Di Era Digital, Dalam perlombaan penyusunan model bisnis ini, terdapat 3 kategori yang ditentukan oleh panitia yaitu Indsutri kreatif, Jasa, Pariwisata, Food and Beverages, dan Teknologi. Adapun indikator penilaian dalam lomba ini adalah orisinalitas atau tingkat keaslian karya. Kesesuaian karya dengan tema dan sub tema, kesesuaian format penulisan, dan kreativitas. Adapun juri dalam lomba ini adalah Sila Ninin Wisnantiasri, dari Prodi Akuntansi dan Naurissa Biasini, dari Prodi Komunikasi.

Selain Lomba akademik, JACC juga menagadakan lomba Non akademik yaitu kompetisi Mobile Legends yang dimenangkan oleh Tim BIG asher (Komunitas). Secara keseluruhan acara JACC Tahun 2022 berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama dari seluruh panitia HIMA Prodi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya dibawah binaan Prodi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya. Sampai jumpa pada acara JACC Tahun 2023 mendatang.

Rangkaian Kegiatan JACC 2022 ditutup dengan kegiatan sharing session yang mengundang Alumni sebagai narasumber. Tujuannya adalah selain untuk menjalin silaturahmi dengan alumni, juga dapat menjadi ajang peningkatan motivasi untuk Mahasiswa aktif agar mampu menyelesaikan studi di prodi Akuntansi dengan baik dan lulus sesuai target yang di inginkan.(rs)

By Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *