Dukung Pengembangan Ekonomi Situterate, PLN UID Banten Berikan Bantuan Berkelanjutan

Serang, (BantenKita) – PLN UID Banten melalui program PLN Peduli kembali memberikan bantuan untuk pengembangan Ekowisata Situterate yang berada di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang.

Pada tahun lalu, Ekowisata Situterate telah mendapatkan bantuan berupa sebuah gazebo yang diharapkan bisa menjadi lokasi wisata kuliner dan jembatan sebagai penghubung ke Pulau kecil di tengah danau (situ).

Assistant Manager TJSL, Rekky Salfischberger di Serang, Rabu (29/6/2022) menyampaikan bahwa Ekowisata Situterate memiliki potensi wisata yang sangat baik. Danau yang cantik yang di dukung oleh jembatan yang menarik, diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung ataupun wisatawan.

“Fasilitas wisata telah PLN bantu dengan dibangunnya jembatan penghubung dan sebuah gazebo. Namun PLN tidak hanya berfokus pada pengembangan wisata nya saja, Kami juga ingin membangkitkan potensi ekonomi disana. Oleh karena itu, PLN bantu bangunkan fasilitas pendukung lainnya seperti penambahan jumlah gazebo atau saung, pembuatan toilet, dapur dan akses jalan agar bisa menambah daya tarik pengunjung dan tentunya membantu para UMK serta warga sekitar untuk dapat membuka usaha dan berjualan di lokasi wisata,” katanya.

Lebih lanjut Rekky menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan ini selaras dengan nilai SDG’s 8, yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua. Dengan demikian, bantuan ini diharapkan dapat membantu warga sekitar dan KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Situterate untuk mendapatkan pekerjaan baru dan ekonomi masyarakat nya pun meningkat.

Ketua KSM Situterate, Mochamad Sahrur Rifai, menyampaikan rasa terima kasih nya kepada PLN. “Kami mewakili KSM Situterate mengucapkan terima kasih atas bantuan nya yang sangat bermanfaat. Pada tahun 2021, PLN UID Banten telah memberikan bantuan jembatan penghubung danau dan saung. Kemudian rencana tahun ini diberikan bantuan lagi berupa delapan saung, dua toilet, satu dapur, akses jalan, ‘lettering’ (papan nama huruf menyala) dan kelengkapan dapur serta instalasi listrik kafe. Semoga bantuan ini juga bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan memberikan kebangkitan ekonomi masyarakat di Desa Situterate pada khususnya dan di Kecamatan Cikande pada umumnya.” (Rid/Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *