UGM Siap Kembangkan Wisata Religi Syekh Nawawi dan Turunkan Stunting di Kabupaten Serang

Serang, (BantenKita) – Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Ova Emilia menyatakan siap mengembangkan Wisata Religi Syekh Nawawi Al Bantani di Kecamatan Tanara dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Serang. Karena keduanya merupakan potensi dan masalah yang harus secara bersama-sama dalam penanganannya.

“Memang melakukan aktivitas seperti ini tergantung apa yang menjadi masalah atau potensi yang ada di Kabupaten Serang,”ujar Ova Emilia usai Ramah Tamah Paparan percepatan penanganan stunting Kabupaten Serang dan Diskusi Action Plan Revitalisasi Wisata Religi Syekh Nawawi Al Bantani bersama UGM, UIN Banten, dan Untirta Banten serta Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa di Pendopo Bupati Serang pada Selasa, 26 Juli 2022.

“Jadi, kita melihat kenapa Wisata Religi Syekh Nawawi Al-Bantani yang di kembangkan itu karena suatu potensi yang belum di gali, yang saya kira juga akan memberikan daya ungkit kepada masyarakat secara umum,”ungkap Ova Emilia.

Lebih lanjut Ova mengungkapkan, dalam rangka turut serta mengembangkan Wisata Religi Syekh Nawawi Al-Bantani UGM sifatnya dari sisi akademisi ataupun kajiannya, kemudian membantu dalam perencanaan serta desainnya. “Tapi kalau misal untuk realisasi atau lainnya tergantung kepada pemerintah daerah. Kita hanya memberikan informasi dari akademiknya, untuk konsultasinya lah,”terangnya.

Kemudian terkait penurunan kasus stunting di Kabupaten Serang, sebut Ova, itu merupakan suatu amanat yang artinya adalah problem nasional yang berkaitan dengan sumber daya manusia atau SDM yang berkualitas ke depan. “Untuk Serang merupakan salah satu Kabupaten yang masih tinggi angka kasus stuntingnya meski saat ini sudah mengalami penurunan, tapi masih punya PR,”paparnya.

Pada intinya, tambah Ova, hal tersebut merupakan bentuk kolaborasi sejati dimana yang mengedepankan untuk kepentingan masyarakat. “Namun bukan mengedepankan saya melakukan apa, kamu melakukan apa mencoba unjuk gigi. KKM Mahasiswa adalah laboratorium kecil namun diharap bermanfaat untuk di gulirkan menjadi kebijakan pemerintah daerah atas kontribusi nyata,”urainya.

Turut hadir Rektor Untirta Banten Fatah Sulaiman, perwakilan UIN Banten, Staf Ahli Bupati Serang Bidang SDM Rahmat Fitriadi, perwakilan OPD terkait dan para Dosen dan Mahasiswa UGM Yogyakarta.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan dalam pengembangan Petilasan Syekh Nawawi Al Bantani di Kecamatan Tanara akan lebih di kembangkan lagi agar menjadi kebanggaan masyarakat Banten bukan hanya Kabupaten Serang.

“Kita akan mengembangkan juga Islamic center, masjid, pusat kajian kitab kuning dan sebagainya, sehingga diharapkan menjadi salah satu wisata religi unggulan meski di Kabupaten Serang ada beberapa wisata unggulan lainnya seperti wisata alam, pantai, wisata budaya, wisata pemandangan dan sebagainya,”ujarnya.

Dengan begitu kedepannya, Pandji berkeinginan merubah cara berfikir masyarakat dengan banyaknya wisata unggulan di Kabupaten Serang. Dia mencontohkan, ketika ada pertanyaan dari wisatawan bisa menjelaskan sejarah khususnya wisata religi. “Kita perlu merubah cara berfikir masyarakat, jadi ketika ada tamu masyarakat bisa menjelaskan keberadaan wisata tersebut,”kata Pandji.(Rid/Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *