Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono/ist

Tangeranh(BantenKita)- Kota Tangerang terus menorehkan prestasi luar biasa. Salah satunya, per akhir tahun kemarin, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) baru saja meresmikan Laboratorium Pengujian Bahan Konstruksi.

Kepala Dinas PUPR, Ruta Ireng Wicaksono dalam keterangannya menuturkan, Laboratorium tersebut merupakan satu-satunya laboratorium yang dimiliki dinas atau instansi daerah setingkat kota/kabupaten di wilayah provinsi Banten. Tidak tanggung-tanggung, laboratorium tersebut juga telah terakreditasi secara internasional dengan beragam jenis fasilitas.

“Laboratorium ini mampu memfasilitasi banyak jenis kebutuhan. Seperti, layanan uji kuat betok silinder, uji kuat paving block, uji ketebalan aspal, uji density aspal, uji DCP tanah, dsb, semuanya berstandar internasional,” ujar Kepala Dinas PUPR, Ruta Ireng Wicaksono, Selasa, (28/2/23).

Ia mengatakan, laboratorium tersebut dapat melaksanakan pengujian bahan konstruksi dan pengujian lapangan atas hasil konstruksi yang telah berstandar internasional. Hal ini berdasarkan Sertifikat Akreditasi International Standard Organization (ISO)/SNI/ IEC No. 17025: 2017 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

“Untuk sasarannya sendiri, siapapun yang mau melalukan uji bahan konstruksi. Mulai dari pemerintah, swasta, pengguna jasa konstruksi sipil, dan masyarakat umum. Semuanya bisa mengaksesnya,” tambahnya.

Laboratorium yang berlokasi di kantor Dinas PUPR Kota Tangerang tersebut sangat berpengaruh besar dalam pengendali atas hasil mutu pekerjaan konstruksi di di Kota Tangerang. Serta, mendorong Kota Tangerang untuk berperan ke tingkat nasional bahkan global dengan optimal.(sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *