Tangerang, (BantenKita) – PLN mendukung penuh pengembangan UMKM melalui perluasan pemasaran produk-produk UMKM yang kini dapat langsung dibeli oleh masyarakat melalui fitur _marketplace_ yang ada di aplikasi PLN Mobile. Apalagi di bulan Mei ini PLN telah menyelenggarakan diskon tambah daya Harbelnas atau Hari Belanja Nasional dimana masyarakat akan mendapatkan _bundling voucher_ tambah daya listrik apabila membeli produk UMKM lewat aplikasi PLN Mobile.

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/5/2023) mengungkapkan dengan adanya program Harbelnas ini menguntungkan masyarakat dan pelaku UMKM. Pasalnya pelanggan PLN dengan tarif daya rumah tangga, bisnis kecil, dan industri kecil daya 450 VA hingga 4.400 VA diberikan harga spesial tambah daya hanya Rp 250 ribu.

“Program ini juga menguntungkan bagi para pelaku UMKM karena dapat kembali menggairahkan pembelian produk UMKM sehingga berpengaruh pada kenaikan omset. Jika omset meningkat maka kesejahteraan para pelaku UMKM juga turut meningkat,” ujar Abdul Mukhlis.

Hal ini juga diamini oleh pemilik UMKM Golok Eyang Yani, Ubaedi, program Harbelnas ini kembali menghidupkan pembelian produknya.

“Sejak diadakannya program ini masyarakat banyak yang berkunjung ke laman toko saya di _marketplace_ PLN Mobile dan melakukan transaksi pembelian golok yang saya jual. Di bulan Mei sejak dimulainya Harbelnas ini saja pembelian mencapai 110 buah golok. Dari transaksi ini saya bisa meraih omset hingga 13,7 jutaan rupiah,” ungkap Ubaedi.

Ubaedi juga mengungkapkan rasa syukurnya bahwa sejak dirinya bergabung dalam _marketplace_ PLN Mobile orderannya dapat menjangkau ke seluruh Indonesia.

“Saya sangat bersyukur karena dari awal hingga saat ini saya bergabung di _marketplace_ PLN Mobile, saya sangat terbantu karena banyak promo-promo yang ditawarkan, yang akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk. Hingga saat ini jumlah transaksi produk Golok kami pun telah mencapai ribuan transaksi,” lanjut Ubaedi.

Serupa dengan Golok Eyang Yani, UMKM pengolahan Singkong “Opak Raos Wata Grup” turut merasakan keuntungan memasarkan produknya di PLN Mobile. Ita, pemilik UMKM Opak Raos Wata Grup, mengungkapkan dirinya baru bergabung dalam _marketplace_ PLN Mobile di bulan Mei ini dan langsung berkesempatan untuk mengikuti program Harbelnas.

“Saya tidak menyangka jika ternyata memasarkan produk melalui PLN Mobile juga mendapatkan promo-promo untuk para calon pembeli. Ini saja baru satu bulan omset saya telah mencapai hampir 11 juta rupiah dari total 79 transaksi,” ucap Ita.

Golok Eyang Yani dan Opak Raos Wata Grup adalah UMKM binaan PLN UID Banten, dimana keduanya mengusung budaya dan produk unggulan Provinsi Banten. Golok Eyang Yani dibuat oleh pengrajin golok asal Desa Seuat, Kabupaten Serang. Secara turun temurun golok ini terus dilestarikan sehingga kualitas goloknya tidak perlu diragukan lagi. Sedangkan Opak Raos dari Wata Grup memproduksi keripik dari Singkong asal Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang. Banten. Kedua produk ini sudah dapat dibeli lewat aplikasi PLN Mobile dalam fitur _marketplace_. (Rid/Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *