Aplikasi Srikandi di Kota Tangerang /foto ist

Tangerang(BantenKita)- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) menggelar Rapat Koordinasi Kearsipan, yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada 6-7 Juni, di Hotel Aryaduta, Kabupaten Tangerang, Selasa (6/6/23). 

Kepala DPAD, Kota Tangerang, Engkos Zarkasyi dalam keterangannya mengungkapkan dalam kegiatan rakoor ini DPAD melaunching aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). Aplikasi ini merupakan transformasi kearsipan ke system digital pada era double disruption. Sehingga dapat terwujud system pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokrasi dan pelayanan public yang berkinerja tinggi. 

“Dalam rakoor ini DPAD juga langsung melakukan sosialisasi terkait penggunaan Srikandi. Harapannya, langsung dapat segera digunakan oleh seluru OPD dan dirasakan manfaat kegunaanya. Administrasi kearsipan di Kota Tangerang pun bias lebih handal, terpadu, efisien, mudah dana man,” ujar Engkos. 

Tak sampai disitu, kata Engkos DPAD Pemkot Tangerang di 2022 mendapatkan hasil pengawasan kearsipan dengan predikat Baik. Berdasarkan hasil pengawasan ini DPAD di 2023 ini dapat melaksanakan audit system kearsipan internal, yang diikuti oleh 40 OPD. 

Hasilnya, dalam cara ini DPAD memberikan piagam penghargaan Wali Kota kepada lima OPD dengan hasil Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI) terbaik. Diantranya, DPAD, Dinas Perkim, Kecamatan Ciledug, DPMPTSP, dan Dinas Kominfo. 

“Semoga dengan apresiasi atau penghargaan ini, OPD terkait dapat lebih semangat dan menjadi contoh OPD lainnya. Terlebih, dapat menjadi pecutan semangat OPD lainnya untuk meningkatkan pola penanganan kearsipan di dinasnya masing-masing,” harap Engkos. 

Sebagai informasi, rakoor ini pun ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kemampuan dalam melakukan pengelolaan arsip di masing-masing OPD sesuai dengan kaidah kearsipan. Dengan menghadirkan narasumber, dari Arsip Nasional RI dan Inspektorat Kota Tangerang. (di)

By Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *