Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi/samfiqih

Tangerang(Bantenkita) – Sebanyak 300 guru pengajar di Kota Tangerang menghadiri acara Launching Video Pendidikan Anti Korupsi dan Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi di Lingkungan Pemerintahan Kota Tangerang pada Kami (08/06/2023) di ruang Al Amanah Gedung Pemkot Tangerang.

Acara yang digelar oleh Dinas Pendidikan ini pun mendapatkan apresiasi langsung oleh Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin saat memberikan sambutan.

“Saya Apresiasi dan berterimakasih sekali kepada Dinas Pendidikan beserta jajarannya yang telah melaunching video pendidikan Anti korupsi dan sosialisasi pendidikan antikorupsi di kota Tangerang.

“Menurut saya ini sangat besar manfaatnya, karena dalam hal ini para guru menanamkan pendidikan anti korupsi sejak dini kepada para murid. Baik di usia sekolah, bahkan di usia sebelum sekolah. Sehingga, nantinya kita akan menerapkan generasi penerus bangsa yang bersih dari korupsi,” ucap Sachrudin saat diwawancarai awak media pada Kamis (08/06/2023).

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan acara kegiatan pada hari ini diikuti sebanyak 300 guru BPBK Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kota Tangerang. ” Alhamdulillah kita bersyukur karena kita telah punya 1602 video pembelajaran anti korupsi hasil dari guru guru kita di Kota Tangerang. Dimana, video tersebut akan diterapkan untuk pembelajaran kepada para murid tingkat SD dan SMP,” paparnya.

Jamal menyebut sudah satu semester terakhir ini pihaknya telah menginstruksikan ke seluruh sekolah membuat “Kantin Jujur ” untuk mengedukasi para siswa di sekolah. Supaya anak anak dilatih jujur ketika saat jajan membeli makanan di kantin tersebut,”

” Jadi penerapan kantin jujur itu, dia (murid) yang jajan, terus dia bayar, lalu dia ambil sendiri kembaliannya. Dengan adanya edukasi anti korupsi ini, saya yakin siswa tidak hanya dibentuk jadi cerdas saja. Akan tetapi nantinya dia memiliki karakter yang bagus dan itu tercermin dalam 9 indikator baik. Yaitu Adil, Jujur, Tanggung jawab, Disiplin, Tegar, berani,Sopan, Sabar, Mandiri dan pastinya berkelakuan baik pada semua orang,” kata Jamal.

” Video anti korupsi ini berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) No.67 Tahun 2020. Dan itu sudah kita laksanakan. Dan ini kita kuatkan kembali pendidikan anti korupsi tersebut untuk menyiapkan murid yang memilki 9 karakter baik yang saya sudah sebutkan tadi. Sehingga dengan adanya sosialisasi ini bisa diteruskan kepada bapak atau ibu guru, lalu kemudian pelatihan 9 karakter baik dari sekarang kepada anak anak murid kita sedini mungkin,” paparnya

Untuk mengefektifkan pembelajaran pembentukan karakter anti korupsi kepada generasi penerus bangsa. Dinas Pendidikan Kota Tangerang bersama guru guru sejauh ini telah menghasilkan total 1.602 video pembelajaran untuk para murid.

Dimana video video edukasi berkarakter anti Korupsi tersebut meliputi 1.089 video hasil guru SMP dan 513 video pembelajaran yang dibuat oleh guru guru SD yang ada di kota Tangerang. (Samalfiqih)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *