Hari Lanjut Usia Nasional di Kota Tangerang/ist

Tangerang(BantenKita)- Ratusan Lanjut Usia (Lansia) antusias meriahkan Peringatan Puncak Peringatan Hari Lanjut Lansia Nasional (HLUN) tingkat Kota Tangerang ke-27, yang diadakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang di Plaza Pusat Pemerintahan Kita Tangerang, Kamis (08/07).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring dengan tema “Keluarga Hebat, Caregiver Bersahabat,  Lansia SMART”, dihadiri 160 perwakilan Lansia Kota Tangerang yang berasal dari kader Posyandu Lansia, pensiunan Dinkes Kota Tangerang serta perwakilan dari pengelola program lansia di 39 puskesmas.

Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah, saat membuka kegiatan secara daring menjabarkan beberapa fasilitas pelayanan kesehatan ramah Lansia yang ada di Kota Tangerang.

“Selain RSUD yang memiliki pelayanan Geriatri untuk pelayanan Lansia tanpa antri, Kota Tangerang juga memiliki 26 Puskesmas Ramah Lansia dan 421 Posyandu Lansia aktif yang tersebar di 104 kelurahan,” ujar Arief dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Arief, menjelaskan, keberadaan Posyandu Lansia ini menjadi sarana agar dapat meningkatkan status kesehatan dan kualitas hidup Lansia melalui upaya promotif, preventif termasuk deteksi dini serta pemberdayaan potensi Lansia oleh kader Posyandu yang menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan.

“Untuk itu, para kader harus memiliki kemampuan untuk mengedukasi dan menggerakkan masyarakat agar mau menjalani hidup sehat dan berkualitas,” jelas Arief.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, mengungkapkan, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan, kepedulian dan edukasi baik keluarga dan masyarakat dalam upaya kesehatan Lansia di Kota Tangerang.

“Sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas lansia, serta kesejahteraan lansia agar tetap semangat di masa tua menjadi lansia yang SMART yaitu Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif,” ungkap Dini.  

Sebagai informasi, dalam kegiatan ini Wakil Wali Kota Tangerang, H. Sachrudin, turut hadir dan memberikan penghargaan secara simbolis kepada faskes yang berprestasi dalam pelayanan kesehatan lansia, yaitu Posyandu Paninggilan sebagai Posyandu dengan Lansia Terbanyak, Puskesmas Cipondoh sebagai Puskesmas Ramah Lansia Terbaik, Puskesmas Baja sebagai Puskesmas dengan caregiver “Peri Lansia” Terbanyak.

Selain pemberian penghargaan, dalam acara ini juga turut digelar seminar “Aktivitas Fisik pada Lansia”, lomba penyuluhan Lansia, fun games, serta senam revitalisasi otak Lansia.(sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *