Serang, (BantenKita) – Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Desa Tengkurang, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Kamis (30/11/2023). Dalam kunjungan tersebut, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mendorong sinergi dan optimalisasi program pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan produksi perikanan di Kabupaten Serang. 

Tatu menyampaikan terima kasih atas perhatian Komisi IV DPR dan Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap para nelayan di Kabupaten Serang. Menurutnya, para nelayan saat ini masih membutuhkan bantuan Kementerian terkait sarana prasarana penangkapan ikan dan program lainnya. “Termasuk berdasarkan hasil diskusi dengan para nelayan, mereka menyampaikan aspirasi perbaikan tempat pelelangan ikan,” ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, dilakukan peninjauan terhadap tempat pelelangan ikan dan diskusi bersama para nelayan. Hadir memimpin rombongan, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan, dan terlihat pula anggota DPR RI dari Banten Nuraeni. Turut mendampingi Plt Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Agus Suherman, serta sejumlah pejabat Pemprov Banten dan Dinas Perikanan Kabupaten Serang.

Salah satu yang diminta oleh para nelayan yakni pengerukan Muara Sungai Ciujung yang saat ini dinilai dangkal. Tatu mengaku sudah menyampaikan aspirasi nelayan ini kepada anggota DPR RI dari Banten Tb Haerul Jaman yang berada di Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur. Sebab pendangkalan Muara Ciujung merupakan wilayah kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian Kementerian PUPR. 

“Saya meminta Dinas Perikanan untuk terus berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan atau SPBN di Desa Tengkurak. Kemudian masyarakat juga harus membentuk koperasi untuk mengelolanya nanti. Saya berpesan, para nelayan juga harus maksimal memanfaatkan lahan yang ada untuk meningkatkan produksi budidaya ikan,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Banten ini. 

Wakil Ketua Komisi IV DPR Budhy Setiawan menyampaikan arahan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk memberikan perhatian kepada para pengolah ikan di Desa Tengkurak. “Kemudian sarana prasarana juga harus kita bantu untuk memudahkan nelayan melaut atau melakukan aktivitas menangkap ikan,” ujarnya.

Plt Dirjen Perikanan Tangkap Agus Suherman mengatakan, pihaknya akan menurunkan Program Kampung Nelayan Maju untuk mengakomodir usulan perbaikan TPI dan sarana prasarana lain yang disampaikan para nelayan. “Nelayan untuk mendapatkan hasil tangkapan yang optimal perlu dibimbing dan diberikan pengetahuan secara terus menerus,” ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Desa Tengkurak Hendra Saputra menyampaikan terima kasih kepada Bupati Serang atas pembangunan jalan di Desa Tengkurak. “Pembangunan jalan ini sangat terasa manfaatnya, terutama untuk para nelayan. Kami berharap, banyak lagi program yang turun bagi nelayan di Desa Tengkurak,” ujarnya. (Ril)

BalasTeruskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *