Cilegon, (BantenKita) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyaksikan proses penghitungan suara Presiden dan Wakil Presiden di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 003 Kelurahan Cibeber, Kota Cilegon, Rabu (14/2/2024). Turut menyaksikan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten dan Tim Monitoring Desk Pemilu 2024 Provinsi Banten.

Hal itu dilakukan berbarengan dengan pelaksanaan monitoring Pemilu serentak di Kota Cilegon. “Tadi kita menyaksikan hingga perhitungan suara khususnya untuk Presiden dan Wakil Presiden. Kita telah saksikan bersama segenap penyelenggara Pemilu. Baik KPU dan Bawaslu, kita lihat semua berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga berharap kepada seluruh KPPS yang ada di Provinsi Banten untuk dapat terus semangat dan menjaga kesehatan selama bertugas. “Disamping mendedikasikan diri terhadap bangsa dan negara, tetap jaga kesehatan, saya yakin KPPS tetap semangat,” katanya.

Selain itu, Al Muktabar juga berharap kepada masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga stabilitas daerah maupun nasional, setelah pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 2024 ini.
“Kalau kita lihat demokrasi kita semakin membaik khususnya di Provinsi Banten. Dan, tadi kita melakukan sampling di sejumlah TPS semua bisa menerima dengan kondisi objektif,” imbuhnya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Banten Deden Apriandhi menyampaikan dari sejumlah TPS yang dilakukan monitoring pelaksanaan Pemilu di zona I (Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon) menunjukan tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi.
“Alhamdulillah partisipasi masyarakat di TPS yang kita kunjungi hampir mencapai target dengan jumlah surat yang disampaikan oleh KPU,” ujarnya.

Ia juga berharap dengan tingginya partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya, dapat mendongkrak indeks demokrasi di Provinsi Banten. “Tentunya ini menjadi tugas kita bersama untuk terus melakukan sosialisasi pentingnya menggunakan hak pilih,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pj Gubernur Banten Al Muktabar bersama Jajaran Forkopimda Provinsi Banten beserta Tim Monitoring Desk Pemilu Provinsi Banten Zona I yang meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon, melakukan monitoring di TPS yang berada di Lapas Kelas II A Karundang Kota Serang. Selanjutnya, bergerak ke TPS 09 Kelurahan Cimuncang Kota Serang.

Setelah itu, meninjau TPS 05 Kelurahan Pancur Kecamatan Taktakan Kota Serang. Di TPS 05 Pancur Al Muktabar memberikan hak pilihnya.

Selanjutnya, Al Muktabar melakukan peninjauan ke TPS 20 Desa Pejaten Kabupaten Serang, TPS 012 Kelurahan Jombang Kota Cilegon dan TPS 003 Kelurahan Cibeber Kota Cilegon. Di TPS 003 Kelurahan Cibeber turut menyaksikan proses pengjitungan suara. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *