• Caption Foto: Suasana _booth_ PLN Peduli di Pameran Dhawafest Pesona 2024 yang berlangsung sejak 5 hingga 7 Maret 2024, bertempat di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan. 

Jakarta, (BantenKita) – Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) ikut meramaikan pameran Dhawa Festival (Dhawafest) Pesona 2024 yang dibuka langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Selasa, (05/03).

Pameran yang berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 5 hingga 7 Maret 2024 ini bertempat di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan. Dhawafest Pesona merupakan salah satu wujud kepedulian Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenkeu dalam mendukung program pemerintah guna membangkitkan kembali para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Dhawafest Pesona menghadirkan beragam hasil karya kearifan lokal Indonesia seperti fashion, handicraft, kuliner, dan masih banyak lagi.

Sebanyak 6 UMKM Binaan PLN Peduli PLN UID Banten turut meramaikan pameran dengan menghadirkan beragam hasil karya kreasi dan produk unggulan ciri khas Provinsi Banten yakni Rinara Batik dengan produk aneka kreasi kain batik khas Cilegon, Rizkiaaaku dengan produk aneka olahan Kurma, Danesha Red Ginger dengan produk Minuman Jahe Merah, Opak Raos dengan produk Aneka Jajanan Singkong seperti Opak dan Keripik, Mades dengan produk Stik Daun Anggur dan terkahir QQ Snack, dengan produk makanan akar kelapa.

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis dalam keterangan tertulis, Rabu (6/3/2024), menjelaskan PLN terus konsisten mendukung mitra binaan maupun masyarakat sekitar wilayah operasi PLN UID Banten untuk meningkatkan perekonomian, khususnya bagi para pelaku UMKM.

  • Caption Foto: Salah satu pengunjung yang membeli batik khas Cilegon di _booth_ PLN Peduli Pameran Dhawafest Pesona 2024 yang berlangsung sejak 5 hingga 7 Maret 2024, bertempat di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan.

“Melalui Program PLN Peduli, PLN mendorong para UMKM untuk mewujudkan kemandirian ekonomi. Hal ini juga sejalan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) sekaligus menjadi langkah nyata PLN mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar Abdul Mukhlis.

Rina Rahmawati, pemilik Rinara Batik yang turut memamerkan produk kerajinan unggulan Batik Khas Cilegon mulai dari batik cap, batik print, batik tenun hingga pakaian jadi sangat antusias mengikuti pameran Dhawafest Pesona 2024 ini.

“Kami ke sini membawa produk-produk Batik khas Cilegon dari Rinara Batik, tersedia kain batik hingga pakaian jadi. Tujuan kami ke sini untuk memperkenalkan Batik motif Khas Cilegon kebanggaan masyarakat Cilegon, Banten. Dengan keikutsertaan Rinara Batik dalam pameran ini, saya berharap pemasaran produk kami semakin luas dan dikenal masyarakat diluar Cilegon, produk kami juga bisa dibeli langsung lewat Marketplace di Aplikasi PLN Mobile lho!,” pungkas Rina. (Rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *