Jakarta, (BantenKita) – Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan tempat mereka di babak 16 besar turnamen All England Open 2024, Kamis WIB.

Kepastian itu mereka dapatkan setelah menang atas pasangan Taiwan Fang-Chih Lee/Fang-Jen Lee pada babak pertama,melalui straight game 21-13, 21-9 pada pertandingan yang diadakan di di Utilita Arena, Birmingham, tersebut.

“Bersyukur bisa kembali tampil di All England, bisa diberikan kelancaran juga di pertandingan pertama. Kami cukup excited dan semoga kami selalu bisa memenangkan pertandingan di setiap laga,” kata Fajar, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Mengenai jalannya pertandingan, Fajar/Rian sepakat bahwa lawan memang sudah terlihat tertekan, karena cukup banyak melakukan kesalahan sendiri yang pada akhirnya akan menguntungkan pasangan Indonesia.

Momen itu pun kemudian dimanfaatkan Fajar/Rian dengan baik, dan pada akhirnya mendominasi kedua gim dengan percaya diri melalui serangan-serangan dan pertahanan yang solid.

“Tadi lawan bermain cukup tertekan karena kami coba tidak mengendurkan serangan,” kata Fajar.

“Tidak hanya di pertandingan tadi, tapi saat pertemuan terakhir di Malaysia Open mereka beberapa kali juga terkena fault service, itu mungkin membuat mereka kurang percaya diri,” ujar Rian.

Dengan ini, maka Fajar/Rian akan bertemu dengan wakil Jepang Akira Koga/Taichi Sato di babak 16 besar, yang bergulir mulai hari ini pukul 17.00 WIB.

Jika dilihat dari statistik, Fajar/Rian yang merupakan unggulan ketujuh pada turnamen ini memiliki kans yang cukup tinggi untuk bisa menang atas Koga/Sato, dengan unggul 4-1 atas pasangan Jepang.

Meski demikian, juara All England 2023 itu tidak ingin lengah dan kehilangan fokus, mengingat pertemuan terakhir mereka dengan pasangan Jepang ini adalah di babak pertama Japan Open 2022, dengan kemenangan yang dibukukan oleh Fajar/Rian.

“Kami harus mewaspadai semua lawan, tidak hanya satu atau dua pasangan. Dari awal tahun di ganda putra kan yang juara juga bergantian jadi di All England ini semua punya peluang untuk bisa menjadi juara,” ujar Rian.

Sementara itu, Indonesia meloloskan delapan wakil di babak kedua All England 2024. Di sektor tunggal ada Gregoria Mariska Tunjung, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Selain Fajar/Rian, di nomor ganda putra ada juara All England 2022 Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Sementara di sektor ganda putri dan campuran, masing-masing diwakili oleh Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. (Rid/Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *