Kabupaten Serang, (BantenKita) – Jelang arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445H/2024, Astra Infra Toll Road Tangerang Merak (Astra Tol Tamer) melakukan peningkatan kapasitas dan kualitas dari sisi infrastruktur dan layanan.

Peningkatan kapasitas dan layanan kualitas jalan dilakukan mengingat pada lebaran 2024 (H-10 sd H+10) total kendaraan yang diprediksi melintas diperkirakan mencapai lebih dari 3.5 juta kendaraan.

Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 3,60% dibandingkan periode yang sama pada 2023, atau rata-rata meningkat dari 153.790 kendaraan menjadi 159.327 kendaraan per hari.

Dengan puncak arus mudik di Tol Tangerang Merak diprediksi terjadi pada Rabu 3 April 2024 (H-7) sebesar 179.454 Kendaraan melintas. 

Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan, Samsul Chair, menyampaikan peningkatan kapasitas dan kualitas layanan di Jalan Tol Tangerang-Merak, meliputi layanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan konstruksi dan layanan pendukung yaitu tempat istirahat dan pelayanan (TIP) dan informasi publik.

“Untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik dan balik Lebaran di ruas Tangerang Merak, pada tahun ini kami akan melakukan penambahan gardu satelit di gerbang tol Cikupa masing-masing 2 unit gardu entrance dan exit untuk peningkatan kapasitas layanan transaksi. Demikian halnya pada layanan lalu lintas, kami juga tingkatkan kolaborasi layanan antar stakeholder dan instansi” kata Samsul.

Selain penambahan kapasitas gardu satelit di Cikupa mulai H-10 Lebaran 2024, Samsul Chair juga memaparkan Astra Tol Tamer akan melakukan peningkatan-peningkatan layanan lainnya, diantaranya layanan transaksi, di mana dilakukan optimalisasi operasional 102 gardu regular yang terdapat pada 10 Gerbang Tol, termasuk penambahan gardu satelit Cikupa, dan penambahan 3 gardu tandem khusus di Gerbang Tol Merak, 4 gardu tandem di Cikupa dan 3 gardu tandem di Gerbang Cilegon Timur, 30 unit mobile reader yang tersebar di seluruh Gerbang Tol, yang akan di operasionalkan oleh 216 orang menjemput pengguna jalan saat bertransaksi di Gerbang Tol, atau terdapat penambahan 40 personil dari gerbang Tol Cikupa sampai Merak selama 24 Jam.

Kemudian layanan lalu lintas, nantinya akan dilakukan rekayasa lalu lintas sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Dirjen Perhubungan Darat, Korlantas POLRI dan Dirjen Bina Marga tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan selama Masa Arus Mudik dan Balik Angkutan Lebaran 2024 serta diskresi Kepolisian untuk teknis pelaksanaannya.

Astra Tol Tamer sendiri akan menyiagakan personel dan perambuan di titik-titik rekayasa lalu lintas diantaranya di Gerbang Tol (GT) Cilegon Timur yang merupakan lokasi keluar kendaraan barang (truk) yang menyeberang ke Pulau Sumatera keluar melalui Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan BBJ, Cilegon.

Selain itu dukungan rekayasa lalu lintas aktivitas delaying system di TIP KM 43 dan KM 68 arah Merak dan di GT Cikupa, untuk antisipasi kepadatan kendaraan penumpang keluar di GT Merak yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak. Pengaturan lalulintas juga dilakukan untuk antisipasi arus wisata Lebaran yang juga di proyeksi mengalami peningkatan khususnya pada hari pertama dan kedua lebaran, ke arah destinasi wisata melalui GT Serang Timur sampai dengan GT Cilegon Barat. 

Layanan Konstruksi, mulai H-10 s.d H+10 Lebaran dipastikan tidak ada aktivitas konstruksi di jalur dan disiagakan personel pemeliharaan dan perbaikan jalan maupun sarana prasaran jalan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, yang terdiri dari tim perkerasan jalan, tim drainase, tim kebersihan jalur dan tim landscape, termasuk ketersediaan material konstruksi dan alat kerja untuk pemeliharaan rutin maupun darurat. 

Layanan Pendukung, ketersediaan fasilitas kenyamanan untuk pengguna jalan, berupa penambahan Toilet di seluruh TIP, yaitu TIP KM 43 dan KM 68 arah Merak,  TIP KM 45 dan KM 68 arah Jakarta, serta titik-titik kepadatan di jalur yaitu KM 94–98 sehingga total ketersediaan Toilet  di sepanjang Jalan Tol Tangerang Merak sebanyak lebih dari 450 Toilet, baik di TIP, di jalur maupun di kantor-kantor Gerbang Tol yang dapat dimanfaatkan oleh Pengguna Jalan.

Ketersediaan parkir untuk istirahat pengguna jalan juga disediakan secara maksimal diantaranya reaktivasi lahan tambahan parkir di TIP KM 43, tentunya dengan pengaturan durasi parkir istirahat. Maksimal durasi istirahat selama periode arus mudik dan balik bagi pengguna jalan adalah 30 menit.  Penyiapan Posko kesehatan di Rest Area 68 arah Merak. 

Layanan informasi terkini terkait Tol Tangerang Merak yang disediakan melalui berbagai platform seperti Variable Message Sign (VMS) yang tersedia sebanyak 16 unit dan 1 unit VMS mobile tersebar di sepanjang Jalan Tol Tangerang–Merak dan akses gerbang, info media sosial melalui twitter @tol_mms dan instagram @astratoltamer. Selain itu info live pantauan CCTV juga dapat diakses di website margamandala.co.id.

“Kami berharap layanan Jalan Tol di atas juga didukung oleh pengguna jalan dengan sama-sama menjaga kebersihan, kenyamanan dan ketertiban dalam penggunaan fasilitas di Jalan Tol, dengan memperhatikan kepentingan bersama pengguna jalan lainnya,” imbau Samsul. 

Samsul juga mengimbau kepada calon Pengguna jalan yang akan melakukan aktivitas mudik Lebaran untuk merencanakan perjalanan lebih baik, diantaranya mengatur jadwal mudik lebih awal untuk waktu puncak arus mudik, melakukan pembelian tiket penyeberangan ke Sumatra sebelum hari H keberangkatan, kecukupan saldo uang elektronik (UE), hingga memastikan kendaraan layak pakai.

Samsul berharap strategi layanan Lebaran ini benar-benar memberikan pengalaman bermakna lebih bagi pengguna jalan maupun tenaga yang senantiasa bekerja lebih dalam memberikan layanan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024/1445H. (Sus/Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *