Cilegon, (BantenKita) – Puncak arus mudik di Pelabuhan┬áMerak, Banten diprediksi terjadi pada H-4 Lebaran atau pada 6 dan 7 April 2024.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak, Suharto, di Cilegon, Banten, Kamis, mengatakan peningkatan reservasi diperkirakan terjadi pada H-4 Lebaran.

Pada tanggal tersebut sebanyak 2.400 lembar tiket di Dermaga Eksekutif sudah habis terjual. Kemudian Dermaga Reguler sekitar 3.000 tiket juga sudah terjual.

“Prediksi kami puncaknya ada di tanggal 6 dan 7 April, untuk di tanggal 5 itu sebenarnya sudah ada peningkatan reservasi, tapi tanggal 6 dan 7 itu paling tertinggi dan di tanggal 8 sudah kembali normal,” ujarnya.

Pelabuhan Merak juga telah memperluas kantung parkir di setiap dermaga sebagai upaya dalam mengurangi antrean kendaraan di luar pelabuhan saat arus mudik Idul Fitri 2024.

“Daya tampung parkir dengan adanya perluasan berjumlah 5.526 unit setara dengan kendaraan kecil,” katanya.

Sementara itu untuk antisipasi adanya lonjakan jumlah pemudik saat puncak arus mudik Lebaran nanti, pihaknya juga sudah mempersiapkannya sejak jauh hari dengan melakukan pembagian lokasi penyeberangan di Ciwandan, BBJ Bojonegara, dan Merak.

“Kalau antisipasi lonjakan pemudik, kita sudah lakukan antisipasi dari jauh hari dengan adanya pembagian di tiga tempat yakni di Ciwandan, BBJ Bojonegara, dan Merak,” katanya.

Selain itu, Indonesia Ferry Cabang Merak juga memprediksi akan ada peningkatan jumlah pemudik per hari pada Lebaran 2024 ini dibanding arus mudik Idul Fitri 2023.

“Untuk di Pelabuhan Merak saja sekitar 26 ribu jumlah pemudik di tahun lalu, kalau tahun ini diperkirakan sampai di 28 ribu kendaraan per harinya,” katanya. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *