• General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis (berdiri, keenam dari kanan) bersama jajaran dan personil siaga PLN saat melakukan pengecekan di SPKLU Pelabuhan Merak guna memastikan layanan kepada pengguna mobil listrik prima.

Tangerang (BantenKita) – Puncak mudik Lebaran 2024 hingga arus balik telah terlewati, beberapa diantaranya menggunakan mobil listrik. Hadirnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di seluruh rest area sepanjang jalan tol Sumatera – Jawa terbukti dapat melayani dan memudahkan pengguna mobil listrik. Disisi lain adanya fitur Trip Planner semakin membuat pemudik merasa nyaman dan tenang dalam berkendara.

Rudi salah satu pemudik asal Serang yang hendak menuju Sumatera menggunakan mobil listrik mengaku cukup puas dengan layanan yang ada pada salah satu SPKLU PLN, tepatnya SPKLU Pelabuhan Merak. Ia mengaku menggunakan PLN Mobile khususnya fitur Electric Vehicle guna mencari titik-titik keberadaan lokasi SPKLU.

“Saya sudah beberapa kali menggunakan SPKLU di Pelabuhan Merak dan cukup puas dengan layanan yang diberikan oleh PLN. Saya juga mencoba fitur Trip Planner yang mana ini membantu saya dalam mencari lokasi SPKLU terdekat sepanjang rute perjalanan yang saya lalui sehingga saya dan keluarga merasa tenang dan nyaman saat mudik kali ini,” jelas Rudi.

Rudi yang sempat kuatir ketika membeli mobil listrik karena keterbatasan SPKLU kala itu, kini tidak lagi merasakan hal yang sama. Menurutnya saat ini sudah banyak sekali SPKLU dimana-mana. Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak khawatir jika ingin memiliki mobil listrik karena sudah adanya fitur pendukung di aplikasi PLN Mobile seperti halnya Trip Planner.

Zimrih salah satu personil PLN yang bertugas di SPKLU Pelabuhan Merak sekaligus mensosialisasikan fitur Trip Planner kepada pengguna mobil listrik, menyampaikan bahwa pemudik mengapresiasi langkah PLN. Menurutnya banyak sekali pemudik pengguna mobil listrik yang terkesan dengan aktifnya PLN dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna kendaraan listrik.

“Banyak masyarakat yang terkejut ketika kami sampaikan bahwa saat ini SPKLU telah tersedia di titik rest area seluruh tol Jawa – Sumatera. Diantara mereka bahkan merasa tertarik dan akan mencoba menggunakan mobil listrik saat mudik Lebaran tahun depan,” ujar Zimrih.

Hal selaras juga diutarakan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Abdul Mukhlis yang mengajak seluruh masyarakat di Provinsi Banten untuk tidak ragu dalam memiliki mobil listrik karena kedepan akan ada penambahan beberapa titik lokasi SPKLU baru. Khusus di wilayah Banten, Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa di tahun ini akan ada penambahan sekitar 80 mesin SPKLU lagi yang akan disebar di beberapa lokasi strategis.

“Masyarakat tidak perlu lagi ragu jika ingin memiliki mobil listrik karena saat ini SPKLU PLN sudah ada dimana-mana. Tidak perlu kuatir juga jika ingin berkendara jauh dengan mobil listrik karena saat ini sudah terdapat fitur Trip Planner yang membantu pengakuan engendara dalam memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute perjalananya,” ujar Abdul Mukhlis dalam keterangan tertulis, Rabu (17/4/2024)

Abdul Mukhlis juga menyampaikan terima kasih kepada para pemudik pengguna mobil listrik tahun ini yang sudah memanfaatkan fasilitas layanan SPKLU PLN. Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan yang sudah ada sehingga tahun depan akan lebih banyak lagi masyarakat yang mudik ke kampung halaman menggunakan mobil listrik. (Rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *