Tangerang(Bantenkita)- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang di tahun 2024 ini telah merencanakan pembangunan dua U-Turn di Jalan Maulana Hasanudin. Pengerjaan ini sebagai langkah penanganan kemacetan yang kerap terjadi di jalur perlintasan dekat Stasiun Poris, Kecamatan Batuceper. 

Diketahui, jalur atau perlintasan Stasiun Poris tersebut kerap menjadi titik kemacetan. Pasalnya, banyak pengendara yang melintas menuju dan dari Jakarta di lokasi tersebut. Kemacetan terpantau kerap terjadi di jam-jam padat berangkat dan pulang kerja. 

Kepala DPUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono dalam keterangannya menyebutkan, 2024 ini DPUPR Kota Tangerang sudah merencanakan untuk menata geometrik sepanjang Jalan Maulana Hasanudin dengan akan membangun U-Turn di dua lokasi, yakni melanjutkan penataan tahun sebelumnya. 

“Tepatnya, U-Turn yang akan dibangun di area Superindo dan area SPBU Pertamina di Tahun Anggaran 2024 ini. Sedangkan sebelumnya, di tahun 2022 juga sudah dibangun dua U-Turn di area Perumahan Cipondoh Makmur dan area Komplek Garuda,” ungkap Ruta, Senin (6/5/24).

Kata Ruta, di tahun 2022 lalu, DPUPR Kota Tangerang juga sudah melakukan pelebaran perlintasan sebidang dekat Stasiun Poris, Kecamatan Batuceper. Sehingga, kapasitas persimpangan sudah menjadi dua arah dan masing-masing dua jalur. 

“Atas pelebaran jalan tersebut dinilai sudah cukup efektif mengurai kemacetan. Namun, saat ini masih kerap terjadi dan membutuhkan penanganan lebih lanjut dengan akan ditambahnya dua U-turn di tahun ini,” katanya. 

Sementara itu, kata Ruta, DPUPR Kota Tangerang juga terlah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang untuk lebih intens melakukan pemantauan. “Serta menurunkan petugas untuk melakukan penguraian kemacetan di jam-jam padat,” tutup Ruta.(aditya)

By Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *