Tangerang, (BantenKita) – Ribuan Jamaah haji Kota Tangerang 2024 pada hari ini Sabtu (11/05/2024) diberangkatkan secara langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang beserta Pimpinan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten maupun Kota Tangerang.

Pantauan Bantenkita.com di lokasi, momen tahunan ini pun diwarnai juga oleh ribuan keluarga dan sanak saudara calon haji dari berbagai wilayah. Mereka memadati area kawasan Puspem dalam pelepasan pemberangkatan di Masjid Raya Al-A’zhom, Kota Tangerang.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang, Samsudin menuturkan, pemberangkatan jamaah haji pada tahun ini terjadi peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yakni 1.762 jamaah. Diberangkatkan melalui embarkasi Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pemberangkatan akan dilakukan secara bertahap melalui 5 kloter yang telah ditentukan, yakni kloter 2, kloter 12, kloter 20, kloter 41, dan kloter 64 sesuai pembagian kloter secara nasional.

“Agenda pemberangkatan jamaah haji Kota Tangerang dilakukan secara bertahap melalui beberapa kloter yang sebagian besar dilakukan dengan kuota penuh. Seperti tahun sebelumnya, kami tahun ini juga tetap mengedepankan pelayanan ‘Haji Ramah Lansia’ meski jumlah jemaah berusia lanjut lebih sedikit dibandingkan tahun kemarin,” ujar Samsudin yang merangkap Kepala Staf Penyelenggaraan Ibadah Haji Kota Tangerang.

Seperti tahun sebelumnya, pemulangan jamaah haji Kota Tangerang pada tahun ini akan kembali memanfaatkan fasilitas Asrama Haji Provinsi Banten yang terletak di Cipondoh, Kota Tangerang.

Hal ini dilakukan untuk mengoptimalisasi efesiensi berbagai pihak, khususnya para jamaah haji selepas menjalankan ibadah di Tanah Suci.

“Nantinya, pemulangan jemaah haji yang berasal dari Kota Tangerang dan Provinsi Banten juga akan kembali difokuskan di Asrama Haji Provinsi Banten. Saat ini, kami masih melakukan koordinasi lebih lanjut bersama Pemprov Banten, Pemkot Tangerang, dan pihak-pihak terkait untuk mematangkan kesiapan fasilitas penunjang, khususnya akses jalan di sekitarnya,” tambah.

Selain itu, agenda pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Kota Tangerang juga diharapkan dapat berjalan secara lancar.

Hal itu diucapkan langsung oleh PJ Walikota Tangerang, Dr.Nurdin selepas memimpin prosesi pelepasan pemberangkatan.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh jamaah haji untuk tetap memperhatikan kesehatan serta mematuhi prosedur yang telah diarahkan, sehingga ibadah hajinya dapat berjalan secara lancar serta kembali ke kampung halaman dalam keadaan baik,” ucap Nurdin. (Sam)

BalasTeruskanTambahkan reaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *