Pandeglang, (BantenKita) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar berharap pembangunan infrastruktur di wilayah Banten Selatan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan. Saat ini di wilayah selatan sedang dibangun Jalan Tol Serang – Panimbang dan pembangunan ruas Jalan Sumur – Taman Jaya.

Hal itu diungkap oleh Al Muktabar saat menghadiri Ground Breaking Ceremony Ujung Kulon Raceway International Off-road Circuit, Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (11/5/2024).

“Kawasan ini Insya Allah akan tumbuh,” ungkapnya optimis.

Terhadap pembangunan sirkuit offroad bertaraf Internasional, menurut Al Muktabar, merupakan persembahan dari Provinsi Banten untuk Indonesia bahkan internasional. Olahraga, khususnya otomotif, turut mengintegrasikan Indonesia dalam pergaulan dunia.

“Momen ini bersejarah bagi kawasan ini,” ucapnya.

Dijelaskan, Pemerintah Provinsi Banten saat ini sedang menuntaskan infrastruktur jalan ke kawasan Ujung Kulon. Wilayah Banten Selatan didorong tumbuh dengan basis sumber daya alam dan pariwisata.

“Kita mendorong kawasan ini. Di samping sebagai kawasan wisata juga mendorong bidang pertanian, peternakan dan perikanan laut,” ungkap Al Muktabar.

“Di kawasan ini, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung terus kita dorong untuk tumbuh dan dapat menyerap tenaga kerja. Infrastruktur kita bangun untuk mendorong semua itu,” tambahnya.

Masih menurut Al Muktabar, Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Serang – Panimbang untuk dorong perkembangan ekonomi kawasan ini. Melalui pembangunan jalan tol itu, diharapkan Jakarta – Panimbang bisa ditempuh dalam 2,5 jam. Saat ini waktu tempuh Jakarta – Panimbang sekitar 4 jam.

Dikatakan, Provinsi Banten merupakan tujuan investasi di Indonesia. Pemprov Banten memberikan pelayanan dan Mempersiapkan infrastruktur dengan sungguh-sungguh.

“Mudah-mudahan semua ikhtiar dari bagian langkah kita dalam membangun,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap Kabupaten Pandeglang menjadi destinasi wisata.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten siap memberikan pelayanan dan kemudahan dalam investasi.

Usai menghadiri Ground Breaking Ceremony Ujung Kulon Raceway International Off-road Circuit, Tanjung Lesung, Al Muktabar meninjau pembangunan ruas jalan Sumur – Taman Jaya. Pembangunan ruas jalan sepanjang 12,95 kilometer itu ditargetkan selesai Tahun 2024 dengan nilai kontrak Rp87,865 miliar.

Dalam kesempatan itu Al Muktabar juga sempat meninjau fasilitas Balai Budidaya Ikan Pantai Cigorondong, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *