Kota Tangerang, (BantenKita) – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang resmi memulai Hitung Mundur Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) sekaligus Launching Maskot POPDA ke-XI serta Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPAPERDA) ke-VIII Tingkat Provinsi Banten Tahun 2024.

Sebanyak 25 Cabang Olahraga (Cabor) akan dipertandingkan pada ajang POPDA XI serta Enam Cabor untuk ajang PEPAPERDA VIII yang seluruhnya akan digelar di 25 venue olahraga yang tersebar di berbagai wilayah Kota Tangerang.

Hitung mundur sekaligus launching maskot POPDA XI & PEPAPERDA VIII dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, di Taman Elektrik Kota Tangerang, (13/05/2023) pukul 17:00 sore.

Dalam kesempatannya, Nurdin berharap, selain dapat menjadi tuan rumah yang baik. Para kontingen Kota Tangerang juga dapat meraih target juara umum pada gelaran POPDA dan PEPAPERDA tahun 2024 ini.

“Momentum ini tentunya menandakan persiapan dan kesiapan POPDA ke-XI dan PEPAPERDA ke-VIII Kota Tangerang sebagai tuan rumah, dan tentunya merupakan wujud dari do’a,  usaha dan kolaborasi seluruh elemen masyarakat serta stakeholder yang terus berupaya menyukseskan POPDA XI dan PEPAPERDA VIII Banten di Kota Tangerang agar dapat terselenggara dengan sukses,” ujarnya.

Dan bukan itu saja, Nurdin menuturkan ajang ini pun bisa menjadikan tolak ukur prestasi pelajar di 8 kabupaten/kota di Provinsi Banten untuk memacu dan memotivasi setiap potensi atlet, serta menjadikan persahabatan dalam berkompetisi dan meraih hasil yang terbaik yakni juara umum,” kata Nurdin di hadapan seluruh kontingen dari masing-masing Cabor yang akan bertanding dalam ajang olahraga tingkat pelajar se-Provinsi Banten tersebut.

Untuk mencapai target tersebut, lelaki berdarah Aceh ini pun berpesan agar para kontingen serta atlet pelajar yang akan berlaga di perhelatan POPDA dan PEPAPERDA bulan depan, agar dapat memaknai dan meresapi filosofi dari Maskot POPDA dan PEPAPERDA Banten di Kota Tangerang kali ini yakni Ikan Bloso yang diberi nama  Bloso Tangerang (Si Botang).

“Pemilihan maskot Ikan Bloso ini bukan tanpa sebab, selain memiliki nilai kearifan lokal. Ikan Bloso juga merupakan hasil keanekaragaman hewani yang ada di Kota Tangerang. Jadi Ikan Bloso menjadi salah satu hewan Ikonik dan memperkuat identitas maskot asal dari Kota Tangerang,”  terang Dr. Nurdin.

Menurutnya, ikan yang merupakan endemik Sungai Cisadane diharapkan mampu menginspirasi para atlet agar selalu memiliki daya tahan dan semangat juang dalam setiap pertandingan dan di berbagai arena, di berbagai kondisi.

“Seperti Ikan Bloso yang hidup di tengah-tengah tantangan serta kondisi lingkungan yang sulit, namun tetap dapat bertahan. Begitu juga kepada teman-teman semua saya berharap mental dan daya juangnya dapat selalu ditanamkan dalam diri dan benak masing-masing dengan satu tujuan mulia yakni mengharumkan nama Kota Tangerang dan juga nama Indonesia,” imbuhnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Pusdatin Kemendagri ini, turut menghimbau dan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi membantu dalam mensosialisasikan dan mempromosikan event besar ini agar kita sama-sama antusias menyambut pelaksanaan POPDA ke- XI yang berlangsung pada tanggal 9 hingga 13 Juni 2024, serta pelaksanaan PEPARPEDA ke-VIII pada tangga 2 – 5 Juli 2024 di Kota Tangerang.

“Mari kita sukseskan bersama perhelatan POPDA ke-XI tingkat Provinsi Banten di  Kota Tangerang ini. Tunjukkan bahwa kita bisa kembali menjadi tuan rumah yang baik dalam setiap aspek penyelenggaraan bagi seluruh atlet, tamu dari daerah lain, dan juga tunjukkan bahwa tuan rumah juga dapat menoreh prestasi yang membanggakan,” pungkasnya. (Sam)

BalasTeruskanTambahkan reaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *