Solo, (BantenKita) – Kontingen Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten kreasikan Senam 6 Langkah Cuci Tangan dalam tarian tradisional Tari Cuking. Penampilan menarik itu juga dikombinasikan dengan pakaian yang berwarna hitam serta warna kuning dan ungu kemudian aksesoris kepala yang berwarna merah dan kuning.

Penanggungjawab kontingen TP PKK Provinsi Banten perlombaan senam kreasi 6 langkah cuci tangan Hotmaruli Saragih mengatakan, pada senam kreasi tersebut pihaknya mengkombinasi Tarian Cuking dengan 6 langkah cuci tangan.

“Ini tarian Cukin yang dikombinasikan dengan 6 langkah cuci tangan, tarian Cukin merupakan tarian khas Kabupaten Tangerang,” ungkap Hotmaruli Saragih di Taman Balekambang, Solo, Jawa Tengah, Selasa (14/5/2024).

Selanjutnya, ia menyampaikan senam kreasi 6 langkah cuci tangan ini juga sebagai sarana untuk mengajak kepada masyarakat untuk menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat.

“Enam langkah cuci tangan ini salah satu program PKK Pusat pada Pokja 4 untuk mengajak masyarakat menjadi agen perubahan dalam menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Lebih lanjut, kata Hotmaruli, sebelum tampil untuk mengikuti perlombaan. Para kontingen telah berlatih selama tiga bulan, setelah mendapatkan arahan TP PKK Pusat kepada TP PKK Provinsi Banten.

“Kita melakukan pelatihan kurang lebih tiga bulan,” katanya.

Sebagai informasi, kontingen TP PKK Provinsi Banten yang mengikuti perlombaan senam kreasi 6 langkah cuci tangan sebanyak 10 orang.

Sejumlah perlombaan yang digelar pada rangkaian puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK dan Jambore Nasional Kader PKK 2024 diikuti seluruh TP PKK Provinsi se-Indonesia. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *