Jakarta, (BantenKita) – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) Soekarno Hatta Fuel Terminal Hydrant Installation (SHAFTHI) berhasil meraih penghargaan bergengsi TOP CSR Awards 2024 bertema “CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth” pada Kategori Top Leader on CSR Commitment 2024 dan TOP CSR Awards 2024 #STAR 4 yang diadakan oleh Majalah Top Business di Hotel Raffles Jakarta (29/5). 

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas dedikasi dan komitmen Pertamina Patra Niaga Regional JBB dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berdampak positif bagi masyarakat maupun lingkungan. Sistem kebijakan dan pelaksanaan Program TJSL perusahaan dinilai berada di level “Sangat Baik” dan telah mendukung strategi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan mengadopsi Creating Shared Value (CSV) dan ISO 26000 SR. 

Penghargaan Program Kampung Sirih Mekarsari diinisiasi pada tahun 2020 sebagai respon terhadap masalah kemiskinan, kekeringan di wilayah perkotaan, masalah lingkungan dan tingginya tingkat pengangguran di kalangan ibu rumah tangga. Program ini bertujuan untuk memberdayakan ibu rumah tangga dengan mengembangkan produk olahan sirih seperti keripik sirih, sabun sirih, rengginang dan teh sirih.

Soekarno-Hatta Fuel Terminal and Hydrant Installarion Manager Ridwan menyampaikan bahwa Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh tim serta dukungan dari berbagai pihak dan SHAFTHI berkomitmen untuk terus menjalankan program-program TJSL yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat. Penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas dan cakupan program-program TJSL dimasa mendatang.

Program Kampung Sirih Mekarsari telah memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dengan pelatihan dan pendampingan yang diberikan, ibu-ibu rumah tangga yang sebelumnya tidak memiliki penghasilan kini mampu menghasilkan produk berkualitas yang memiliki nilai jual tinggi dan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka tetapi juga memperkuat keterlibatan komunitas dalam menjaga lingkungan dengan memanfaatkan potensi lokal.

“Program pelatihan ini mencakup pengembangan keterampilan pembuatan produk olahan sirih, manajemen bisnis, pemasaran dan keterampilan kewirausahaan lainnya sehingga ibu-ibu rumah tangga tidak hanya memperoleh keterampilan baru tetapi juga menjadi lebih mandiri secara ekonomi, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan keluarga dan komunitas mereka dengan membuka usaha sendiri dan berkontribusi pada perekonomian local,” ungkap Ridwan.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menyampaikan bahwa penganugerahan Top CSR 2024 di Hotel Raffles Jakarta dihadiri oleh berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia yang juga turut berkompetisi dalam berbagai kategori TJSL. 

“Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat sangat bangga dapat berdiri bersama perusahaan – perusahaan terbaik di Indonesia yang menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab sosial yang tinggi, dengan penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen kami dalam mengimplementasikan program TJSL yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi semua pihak,” ujar Eko dalam keterangan tertulis, Kamis (30/5/2024).

Dengan penghargaan ini, Pertamina Patra Niaga Regional JBB berharap dapat menjadi inspirasi untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam program-program TJSL yang membawa perubahan positif bagi masyarakat dan lingkungan,” tutup Eko. (Rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *