Tangerang(Bantenkita)- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama Bina Nusantara University (Binus) School of Computer Science merancang sebuah aplikasi pengelolaan sampah berbasis geospasial. Pada tahap pertama ini, Binus memaparkan hasil riset pada aplikasi tersebut di Ruang Tangerang Live Room, Jumat (31/5/24).

Kepala Diskominfo, Indri Astuti mengatakan pada paparan tersebut disampaikan bahwa ada beberapa fokus yang diakses melalui aplikasi bernama Geo Bee Dashboard. Fokus utama akan pada pengelolaan sampah berbasis geospasial.

“Binus telah melakukan riset dan tadi sudah diapaparkan perkembangannya. Dari beberapa fokus yang disiapkan, kami memberikan saran untuk bberfokus pada pengelolaan sampah. Selanjutnya, mereka akan melakukan riset lanjutan dan kami akan pertemukan juga dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang,” ujarnya.

Dosen Research Interest Group GeoEco-AI Binus, Fabian Surya Pramudya menuturkan, aplikasi tersebut dimanfaatkan untuk pengelolaan sampah dan analisis geospasial. Implementasi juga dapat menggunakan Artificial Intelligence (AI) apabila dibutuhkan.

“Progress saat ini sudah 50 persen dan kami terus menyempurnakan Geo Bee ini dan selanjutnya kami akan buat lebih spesifik kepada pengelolaan sampah secara geospasial. Lalu, kami juga akan berkoordinasi dengan DLH,” tuturnya.

Diharapkan, dengan adanya Geo Bee ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya di Kota Tangerang. Sehingga, bank-bank sampah di Kota Tangerang dapat beroperasi secara optimal dan mengurangi penumpukan sampah.

“Mudah-mudahan aplikasi ini bermanfaat bagi masyarakat Kota Tangerang dan digunakan semaksimal mungkin. Sehingga, pengelolaan sampah semakin baik, tidak ada penumpukan sampah dan bank sampah dapat beroperasi secara optimal,” pungkasnya.(ditya)

By Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *