Tangerang(Bantenkita)- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang siapkan posko kesehatan di setiap venue pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Provinsi Banten 2024. Hal ini tentunya bersamaan dengan Kota Tangerang sebagai tuan rumah pelaksanaan kejuaraan tingkat Provinsi Banten tersebut.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinkes Kota Tangerang Mugiya Wardhany mengatakan, pihaknya siap dalam mendukung POPDA XI Banten di Kota Tangerang. Tentunya dengan menyiapkan posko kesehatan, tenaga kesehatan, serta mobil ambulans.

“Kami menyiapkan dua ambulans 119 dan satu ambulans yang dilengkapi ventilator. Dilengkapi tiga dokter dan petugas kesehatan, serta posko kesehatan pada saat pembukaan POPDA pada 8 Juni 2024 mendatang,” ujar Mugiya dalam keterangannya, Senin (3/6/2024).

Mugi pun menambahkan, selama pelaksanaan POPDA XI Banten menerjunkan 26 dokter, 39 perawat, tujuh ambulans milik Dinkes Kota Tangerang, satu ambulans RSUD Kota Tangerang, dan satu ambulans RSUD Benda yang semuanya disertai petugas.

Sedangkan untuk rumah sakit rujukan akan dipilih sesuai dengan rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Kota Tangerang.

“Namun bagi atlet dari luar Kota Tangerang akan dikoordinasikan dengan asal atlet tersebut untuk pembiayaan rumah sakit. Meskipun pengobatannya tetap dilakukan di rumah sakit di Kota Tangerang,” imbuh Mugi.

Apabila terdapat cabang olahraga (cabor) yang lokasinya tidak tersedia ambulans, dapat menghubungi call center 112 apabila diperlukan. Tetapi penambahan atau pengurangan nakes akan disesuaikan dengan kebutuhan Dinkes Kota Tangerang di puskesmas dan rujukan.(DITYA)

By Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *