Kabupaten Tangerang, (BantenKita) – Srikandi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten mendukung program perseroan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup sesuai dengan semangat _Sustainable Development Goals (SDG’s)_ atau tujuan pembangunan berkelanjutan. 

Diimplementasikan melalui aksi _Green Employee Involvement_, Srikandi PLN UID Banten turut membersihkan dan mengolah sampah di Pantai Terang Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

Ketua Srikandi PLN UID Banten, Luky Artanti, mengatakan bahwa kegiatan ini bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Internasional 2024, dimana PLN turut berkontribusi memastikan kelestarian lingkungan.

“Menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama. Terlibatnya Srikandi PLN dalam kegiatan ini menggambarkan tingkat kepedulian terhadap lingkungan sekitar kita, hal ini juga merupakan perwujudan Srikandi _empowerment_ di PLN,” kata Luky.

Para Srikandi PLN dengan penuh semangat membersihkan area pantai dari sampah plastik dan organik. Selain membersihkan pantai, Srikandi PLN juga memilah sampah membagi antara yang _high value_ dan _low value_, juga organik dan anorganik untuk selanjutnya dikirimkan ke pihak kolaborator pengolahan sampah untuk didaur ulang menjadi barang berdaya guna.

“Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk membersihkan pantai, tetapi juga memberikan langkah nyata dalam transisi energi melalui penanganan sampah. Kami berharap, aksi ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar baik secara lingkungan maupun ekonomi,” ujar Luky.

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis memberikan apresiasi kepada seluruh srikandi PLN UID Banten yang dengan semangatnya terus menunjukkan karakter anggun, cerdas, dan tangguh. Tidak hanya andal dalam menjaga kelistrikan, namun juga peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Kami sangat berbangga memiliki para Srikandi yang selalu bersemangat untuk berkolaborasi dalam berbagai kegiatan, termasuk kegiatan lingkungan seperti ini. Semangat mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan sejalan dengan nilai-nilai perusahaan dan komitmen kami terhadap pembangunan berkelanjutan,” ujar Abdul Mukhlis.

Melalui kegiatan ini, PLN UID Banten sukses mengumpulkan 1,7 Ton sampah dan diikuti oleh 150 relawan yang terdiri dari Pegawai PLN UID Banten, Komunitas Bank Sampah Sari Mulya, Kelompok Swadaya Masyarakat Pantai Terang, dan Kelompok Masyarakat Nelayan. Untuk selanjutnya sampah tersebut akan diolah oleh kolaborator menjadi barang berdaya guna. (Rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *