Serang, (BantenKita) – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten Tine Al Muktabar mengatakan anak stunting harus mendapatkan penanganan dan perhatian bersama. Pasalnya, kondisi stunting bisa berpengaruh pada kualitas kehidupan masa depannya.

Hal itu diungkap Tine saat melakukan Monitoring Pendampingan Keluarga Stunting di Kantor Kelurahan Serang, Jl Empat Lima No. 22, Kota Serang, Jumat (7/6/2024).

Dikatakan, generasi Emas Indonesia 2045 harus dipersiapkan sejak usia dini.

“Kita harus menyiapkan SDM unggul yang memiliki daya saing. Dipersiapkan sejak usia dini. Tumbuh kembang anak khususnya otak tidak boleh terganggu,” ucapnya.

“Ibu-Ibu tolong diperhatikan anaknya agar segera pulih dari stunting. Pemerintah memberikan perhatian khusus pada anak stunting, Pemerintah hadir,” tambah Tine.

Masih menurut Tine, anak-anak usia dini harus diberi nutrisi baik. Dalam memberikan makanan tambahan, para kader Posyandu disarankan membuatkan formula nutrisi yang baik. Salah satunya dengan memberikan protein hewani ditambah daun kelor yang menurut hasil riset bernutrisi tinggi.

“Kita ditargetkan mencapai angka stunting di bawah 14 persen. Oleh karenanya kita fokus pada pemulihan stunting,” jelasnya.

Untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, lanjut Tine, pemberian nutrisi dikombinasikan dengan stimulasi. Untuk itu, para kader harus melakukan pendampingan door to door sesuai data yang tercantum dalam aplikasi, memastikan anak-anak mendapatkan stimulasi dengan baik seperti yang dicontohkan dalam e-asuh di e-dasawisma, serta memastikan anak-anak dibawa ke fasilitas kesehatan untuk dicek tinggi dan berat badannya.

“Kita juga mencegah stunting baru melalui, memastikan anak-anak usia dini dibawa ke fasilitas kesehatan. Juga ibu hamil harus rutin dicek ke fasilitas kesehatan,” jelas Tine.

“Mari kita bergerak bersama. Menjadi bukti PKK sebagai mitra strategis pemerintah dalam penanganan dan mencegah stunting,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Ketua TP PKK Kota Serang Nurhasanah Yedi Rahmat mengucapkan terima kasih atas bantuan PMT ke Kelurahan Serang dan Kelurahan Kagungan dari Pj Ketua PKK Provinsi Banten.

“Di Kelurahan Serang ada 23 anak stunting dan Kelurahan Kagungan 15 anak stunting,” ungkapnya.

“Agar para orang tua ikuti kegiatan Posyandu dan edukasi pola asuh anak usia dini,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Pj Ketua PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar bersama rombongan melakukan peninjauan pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak usia dini di Posyandu Sayang Ibu RT 08/ RW 12 Perumahan Ciracas Indah, Kelurahan Serang. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *