• Caption Foto: Fitur-fitur pada aplikasi PLN Mobile, dimana salah satunya terdapat layanan pengaduan pelanggan terkait kelistrikan 

Tangerang, (BantenKita) (15/06)* – Menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 _Hijriah_ (H) yang akan dilaksanakan pada Senin, 17 Juni 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memberikan sejumlah tips bagi masyarakat yang berencana bepergian atau meninggalkan rumah selama libur panjang. Libur Idul Adha yang bertepatan dengan _long weekend_ seringkali dimanfaatkan untuk mudik atau rekreasi, sehingga penting untuk memastikan keamanan rumah dan instalasi listrik.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/6/2024) mengimbau masyarakat agar memastikan kelistrikan rumah dalam kondisi aman saat ditinggalkan. Dengan demikian masyarakat bisa nyaman dan tenang saat berpergian untuk berlibur atau pulang ke kampung halaman.

“Kami mengingatkan pentingnya mengamankan peralatan kelistrikan dan fasilitas lain di rumah sebelum bepergian dalam kurun waktu yang cukup lama menjelang dan sesudah Idul Adha,” imbau Abdul Mukhlis.

Ini diperlukan guna memastikan waktu berkumpul bersama keluarga dapat berjalan tanpa hambatan terhadap jaringan listrik. Berikut adalah tips dari PT PLN (Persero) UID Banten bagi masyarakat yang hendak meninggalkan rumah saat libur Hari Raya Idul Adha 1445 H:

1. Cabut Perangkat Elektronik yang Tidak Digunakan.

Pastikan semua perangkat elektronik seperti televisi, komputer, dan peralatan dapur dicabut dari stop kontak. Ini dapat menghindari risiko korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran,

2. Nyalakan lampu penerangan seperlunya.

Penting untuk menjaga penerangan di beberapa bagian seperti teras, bagian tengah dan sisi belakang rumah agar tetap terpantau situasinya, terutama bagi yang memasang kamera pengawas,

3. Periksa kondisi instalasi listrik di rumah. 

Pastikan tidak ada kabel yang rusak atau terkelupas yang dapat menimbulkan risiko korsleting

4. Isi token atau bayar tagihan listrik

Bagi pelanggan pra bayar, isi token listrik terlebih dahulu sebelum berpergian. Begitu juga bagi pelanggan pasca bayar, bayar dulu tagihan listrik sebelum meninggalkan rumah. Hal ini untuk menghindari listrik padam.

Abdul Mukhlis juga menyarankan untuk memberitahukan kepada tetangga atau petugas keamanan setempat jika akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, karena dapat membantu memantau kondisi rumah.

“Keamanan rumah dan penggunaan listrik yang bijak selama libur Idul Adha adalah hal yang sangat penting. Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan memastikan semua langkah pencegahan telah dilakukan sebelum meninggalkan rumah,” ujar Abdul Mukhlis.

PLN UID Banten juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang menyediakan berbagai fitur kemudahan seperti pelaporan gangguan listrik, informasi tagihan, dan pembayaran online. (Rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *