Serang, (BantenKita) – Pemerintahan Kabupaten Pandeglang menerima Penghargaan Paritrana 2023 sebagai Pemerintahan Daerah pelopor perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan desa untuk tingkat Provinsi Banten. Selain itu, Pandeglang juga menjadi juara 1 paritrana award 2023 propinsi banten katagori Pemerintah Desa yang diraih oleh Desa Bandung Kecamatan Banjar.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Virgojanti dan diterima oleh Assisten Daerah Ekonomi Pembangunan (Asda Ekbang) Setda Kabupaten Pandeglang Hj Nuriah yang mewakili Bupati Pandeglang, di Hotel Aston Kota Serang, Jum’at (21/24).

Penilaian Paritrana ini dilakukan oleh tim khusus yang langsung diketuai oleh Plh Sekda Banten Virgojanti, dengan Sekretaris Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Banten Kunto Wibowo, Dinas Tenagakerja dan Transmirgasi hingga serikat buruh dan Ombudsman RI.

Assisten Daerah Ekonimi Pembangunan (Asda Ekbang) Nuriah mengatakan, pihaknya berterimakasih atas capaian yang diraih oleh Pemda Kabupaten Pandeglang.

“Ini hasil kerja semua komponen Pemerintah Daerah hingga desa, khususnya Desa Bandung Kecamatan Banjar yg menjadi Juara 1 dan sdh membawa nama baik Pemerintah Kabupaten Pandeglang, semoga  tahun depan bukan saja Desa Bandung yang menjadi menjadi terbaik tapi desa lainnya yang ada di pandeglang,”katanya.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Banten Kunto Wibowo mengatakan, award Paritrana ini merupakan program

Pemerintah yang diinisiasi oleh Kemenko PMK, Kemendagri, Kemnaker dan BPJS

Ketenagakerjaan dalam rangka memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah dan

Pelaku Usaha yang telah mendukung penuh implementasi program jaminan sosial

ketenagakerjaan.

“Award ini diberikan kepada pihak yang mempunyai inovasi luar biasa dengan memberikan jaminan sosial kepada pekerjanya seperti di Desa Bandung, Kabupaten Pandeglang dan Desa di Kabupaten Tangerang. Kedua desa ini inovasi nya luar biasa, memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja yang ada di desa tersebut baik staff desa, petani maupun nelayan,” kata Kunto.

Ia menuturkan, BPJS Ketenagakerjaan tengah berfokus dalam memberikan perlindungan jaminan sosial kepada para pekerja yang ada ditiap desa di Banten. Atas hal tersebut, pihaknya menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) untuk bersama mensosialisasikan berbagai program jaminan sosial di BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita akan berkolaborasi dengan kepala desa dengan APDESI, juga apalagi sekarang kita sudah masuk kerja, maka diwajibkan di undang undang yang baru untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” katanya

Hadir dalam acara itu, Plh Sekda Banten Virgojanti menyampaikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah memberikan pelayanan jaminan sosial kepada para pekerja di Banten.

“Saya berharap mudah-mudahan semakin banyak dan semakin tinggi lagi kontribusi dari seluruh institusi baik itu Pemda maupun juga perusahaan serta lembaga pemerintah desa yang memberikan perhatian kepada para pekerja, juga para pekerja rentan ya supaya mereka bisa terlindungi,” harapnya. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *