Dinas Pariwisata Provinsi Banten mengenalkan sejumlah destinasi wisata di Banten kepada komunitas pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang, termasuk juga salah satunya produk ekonomi kreatif berupa gerabah.

Dalam rangkaian kegiatan Familiar Trip Dispar Banten di Kabupaten Serang bersama komunitas pelaku UMKM Kabupaten Tangerang yakni mengunjungi destinasi wisata selanjutnya yaitu rumah produksi gerabah yang berada di Anyer. 

Para peserta mencoba membuat gerabah dari tanah liat dan dapat mengoleksi langsung produk ekonomi kreatif yang terpanjang di rumah produksi gerabah JJ Pottery di Anyer Kabupaten Serang.

“Familiar Trip ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Banten dengan upaya promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Banten,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Banten Puti Andam Dewi di Anyer, Rabu.

ia mengatakan, kegiatan yang menjadi wujud kolaborasi dengan komunitas ini diharapkan dapat mengoptimalkan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Banten, salah satunya dengan promosi melalui media sosial yang dimiliki oleh setiap anggota komunitas.

Menurutnya, 

Dinas Pariwisata Provinsi Banten terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Banten baik nusantara maupun mancanegara, agar dapat juga meningkatkan perekonomian Banten.

“Wisatawan tidak hanya berkunjung dan menikmati destinasi wisatanya, tetapi juga mereka bisa membeli produk UMKM dan ekonomi kreatif di Banten salah satunya profuk gerabah ini. Sehingga perekonomian masyarata sekitar destinasi wisata juga berkembang,” kata Puti.

Kegiatan yang bertema ‘Familiar Trip” ini diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Banten dengan mendapatkan dukungan Komisi III DPRD Banten dengan melibatkan sekitar 50 peserta dari sejumlah komunitas di Kabupaten Tangerang.

Adapun destinasi yang dikenalkan kepada komunitas tersebut antara lain wisata alam air sungai bersih di Cibuntu Kecatana Padarincang Kabupaten Serang, wisata permainan Anter Wonderland serta kerajinan gerabah atau tanah liat di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Tujuan kegiatan ‘Familiar Trip’ ini adalah bagian dari 

Promosi pariwisata dan ekonomi kreatif yang terus digencarkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Banten Puti Andam Dewi di Serang, Rabu.

Puti mengatakan, pelaksanaan promosi ini diwujudkan dengan penyelenggaraan ‘Familiar Trip’ yang pada kesempatan ini dilaksanakan di Kabupaten Serang pada 24 dan 25 Juni 2024.

Familiar Trip Kabupaten Serang kali ini diikuti oleh komunitas pelaku UMKM dari Kabupaten Tangerang.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengunjungi destinasi wisata maupun tempat produksi ekonomi kreatif di Provinsi Banten.

Destinasi wisata pertama yang dikunjungi adalah Wisata Kacida Cibuntu yang berada di Kecamatan Padarincang.

“Pada destinasi wisata ini, para peserta dikenalkan dengan destinasi wisata yang penataannya juga didukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

Para peserta menikmati suasana alam yang sejuk dengan pemandangan sungai dan juga disuguhkan dengan tampilan silat dan debus,” kata Puti.

Selanjutnya kunjungan ke destinasi wisata buatan yang terkenal atau viral di dunia maya, Anyer Wonderland. Tidak hanya destinasi alamnya, Provinsi Banten juga memiliki destinasi wisata buatan yang menarik dan sangat cocok dikunjungi oleh keluarga.

Para peserta familiar trip juga disuguhkan dengan pemandangan Pantai Anyer dengan hamparan pasir yang luas yang selalu menjadi daya tarik wisatawan sehingga terus kembali berwisata di Anyer.

Fikri, salah seorang peserta ‘Familiar Trip” dari Kabupaten Tangerang mengapresiasi Dinas Pariwista dan Komisi III DPRD Banten atas penyelenggaraan kegiatan tersebut karena memberikan manfaat dan pengalaman yabg banyak bagi komunitasnya. Ia berharap kegiatan serupa juga dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya dengan menyasar kalangan komunitas lainya untuk membantu mempromosikan destinasi pariwisata di Banten. 

“Alhamdulllah kami merasakan manfaatnya. Ternyata Banten  memiliki destinasi wisata yang bagus-bagus. Kenapa harus wisata ke luar Banten, karena disini saja tidak kalah indahnya dengan destinasi wisata lain,” kata Fikri.

ia mengaku sangat terkesan dengan adanya kegiatan Familiar Trip ini karena bisa berkeliling mengunjungi sejumlah objek wisata di Banten dengan fasilitas yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten, diluar aktifitasnya bersama anggota  komuitas lainnya di wilayah Kabupaten Tangerang.  

“Kami bisa menikmati pemandangan alam, pantai dan juga wisata lainnya. Ini adalah salah satu upaya untuk mempromosikan wisata yang ada di Banten kepada komunitas dan pasti akan disampaikan kepada komunitas lainnya mengenai destinasi-destinasi wisata yang sudah kami kunjungi,” katanya. (Advetorial)

BalasTeruskanTambahkan reaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *