Tangerang Selatan- Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kota Tangerang Selatan (Tangsel),mendatangi kediaman Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) Rahmat Bagja, guna melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit), di Jombang, kecamatan Ciputat, Tangsel.

Dalam Coklit ini, Rahmat menjelaskan, tugas dari Pantarlih ini untuk meningkatkan daftar pemilih d Tangsel dan dilakukan dengan cara mendatangi rumah warga satu persatu.

“Pertama jelas dalam seluruh proses tahapan Pilkada(Pemilihan Kepala Daerah), proses yang paling terpenting di dalam nanti untuk meningkatkan tingkat pemilihan dalam TPS (Tempat Pemilihan Suara), tentu adalah pantarlih sehingga pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh panitia pendaftaran pemilih dan dilakukan langsung dari rumah ke rumah atau dor to dor,” katanya. Pada Senin 1/7/2024.

Tujuan dilakukannya dor to dor itu, untuk melakukan pengecekan di rumah tersebut memiliki syarat dokumentasi, dan syarat dokumen lainnya serta memiliki anggota keluarga yang usianya sudah bisa didaftarkan untuk calon pemilih.

“Sehingga kemudian mengecek siapa yang memang punya usia untuk memilih, dan ikut memilih, dan bisa untuk memilih di cek kelengkapan syarat dokumentasi dan syarat dokumen dan lain-lain sehingga kemudian nanti jika ada kekurangan maka bisa di tambahkan,” jelasnya.

“Oleh sebab itu ini sangat penting sekali dalam meningkatkan persentase jumlah pemilih di TPS, kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat inisial dari seluruh tahapan penyelenggaraan pilkada selain nanti pemungutan suara,”tutupnya.(Eza)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *