Pandeglang, (BantenKita) – Sebagai upaya mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Pandeglang, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menggelar Pelatihan Basic Life Support bagi masyarakat bertempat di desa Tanjungjaya Kecamatan Panimbang, Sabtu (13/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Dosen Pembimbing KKN Universitas Gadjah Mada Mayu Rinnie Rachmawati mengatakan kegiatan pelatihan ini digelar sebagai upaya mendukung sektor pariwisata yakni bagaimana tata cara memberikan pertolongan dasar apabila ada seseorang ataupun wisatawan yang mengalami henti nafas.

“Kami melibatkan beberapa dokter ahli dari UGM untuk pelatihan ini, supaya masyarakat disini faham betul apa yang harus dilakukan apabila seseorang yang mengalami henti nafas, baik itu secara mendadak maupun karena tenggelam, “ucapnya.

“Pelatihan ini tentu saja sangat penting bagi masyarakat, apalagi kawasan Panimbang ini merupakan salah satu kawasan wisata, tentu saja masyarakatnya harus memiliki sumber daya yang unggul, sehingga faham betul apa yang harus dilakukan apabila ada seseorang yang mengalami henti nafas, “ujarnya.

Sementara itu, Camat Panimbang Kosasih mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah menggelar kegiatan pelatihan.

“Pelatihan ini tentu saja memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat kami, sehingga masyarakat mengerti apa yang harus dilakukan apabila terjadi henti nafas baik terhadap warga maupun wisatawan, “pungkasnya. (Rid/Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *