Serang, (BantenKita) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar terus melakukan pematangan persiapan menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) bersama seluruh Forkopimda dan juga lintas sektoral. Selain mengamankan jalur arus lalu lintas, Al Muktabar juga memastikan harga kebutuhan pokok tetap stabil dan terpenuhi dengan baik.

Hal itu diungkapkan Al Muktabar seusai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral Operasi (OPS) Lilin Maung 2023, dalam mempersiapkan libur Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) serta Rapat Koordinasi dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok. Rakor dilaksanakan di Aula Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Rabu (13/12/2023).

Al Muktabar mengungkapkan, berbagai hal dalam rangka persiapan menjelang Nataru ini kita persiapkan mengingat posisi Provinsi Banten merupakan jalur penghubung lalu lintas antara pulau Jawa dengan Sumatera.

“Tadi kita dengarkan bersama-sama berbagai persiapan dari masing-masing stakeholder, dari mulai pengamanan, pengaturan jalur lalu lintas, persiapan di pelabuhan Merak dan sejumlah terminal dan berbagai opsinya jika terjadi kepadatan, termasuk juga menjaga stabilitas bahan kebutuhan pokok,”kata Al Muktabar.

Secara umum, lanjut Al Muktabar, persiapan yang dilakukan sudah cukup matang. Namun demikian berbagai persiapan penyempurnaan terus dilakukan, karena itu merupakan satu kesatuan yang harus kita jaga bersama. 

“Kita juga akan mengoperasikan tiga pelabuhan seperti skema arus mudik lebaran kemarin, sehingga kepadatan yang terjadi di pelabuhan Merak bisa diurai,” ucapnya.

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim menambahkan, Rakor ini adalah salah satu bentuk untuk konsolidasi pemerintah daerah, instansi terkait dalam mengamankan kegiatan Nataru dan menjaga stabilitas harga bahan pokok. 

“Kita berharap semuanya bisa berjalan lancar, terkendali, dan stabilitas di wilayah Provinsi Banten ini terjaga dengan baik,” katanya.

Dikatakan Irjen Pol Abdul Karim, ada beberapa prioritas lokasi pengamanan yang akan dilakukannya seperti gereja/lokasi merayakan natal sebanyak 84 lokasi, tempat wisata 66 lokasi, pasar 38 lokasi, terminal 18 lokasi, pelabuhan 4 lokasi, rest area 4 lokasi, stasiun Kereta Api 15 lokasi serta pusat perbelanjaan sebanyak 23 lokasi.

“Dengan jumlah personil yang kita turunkan sebanyak 1.159 personil,” ucapnya. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *