Tangerang, (Banten) – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melalui Program Desa Berdaya PLN Peduli menggelar pelatihan barista yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Pelatihan di Desa Juhut, Pandeglang ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan potensi masyarakat dalam industri kopi.

Dengan mengusung konsep pelatihan yang interaktif dan aplikatif, peserta diajak untuk memahami seluk-beluk dunia barista, mulai dari pengenalan jenis kopi, teknik penggilingan, hingga cara menyajikan kopi yang sempurna. Selain itu, materi pelatihan juga mencakup aspek bisnis kopi sehingga memberikan wawasan kepada peserta tentang potensi pasar dan strategi pemasaran yang efektif.

Aditya, salah satu peserta pelatihan, mengungkapkan kegembiraannya karena melalui pelatihan ini bisa mengembangkan potensinya dalam bidang kopi, dimana dalam beberapa tahun terakhir kopi menjadi peluang bisnis yang cukup menarik.

“Saya sangat berterima kasih kepada PLN UID Banten melalui Program Desa Berdaya yang telah mengadakan pelatihan ini. Saya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru yang sangat berharga,” ujar Aditya

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis dalam keterangan tertulis, Senin (25/12/2023) menjelaskan dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat wisata agrowisata di wilayah setempat.

“Pelatihan barista ini diharapkan dapat menjadi modal awal bagi peserta untuk terjun lebih dalam dunia kopi baik sebagai barista profesional maupun pengusaha kopi di masa depan. Kami yakin Desa berdaya PLN di kelurahan Juhut ini kedepannya bisa menjadi pusat agrowisata kopi,” terang Abdul Mukhlis.

Abdul Mukhlis juga menambahkan bahwa program ini memperkuat komitmen kami dalam meningkatkan kemandirian masyarakat di Provinsi Banten.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan masyarakat melalui berbagai program yang bermanfaat. Antusiasme peserta pelatihan barista ini menjadi motivasi kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Banten,” pungkas Abdul Mukhlis. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *