Serang, (BantenKita) – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Ameriza M. Moesa mengatakan untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat Banten jelang Hari Besar Keagamaan Negara (HBKN) Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, KPw Bank Indonesia Prov Banten telah menyiapkan uang kartal sebesar Rp4,57 Triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal masyarakat Banten.

Adapun nilai tersebut meningkat sebesar 21% dari realisasi tahun 2023. Kenaikan jumlah Uang Layak Edar (ULE) yang disiapkan tersebut mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri 1445 H.

Ameriza menyampaikan itu dalam acara kick off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 yang diprakasai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi Banten, dan Perbankan se-Provinsi Banten dengan menghadirkan Gubernur Banten, Forkopimda Banten, dan anggota Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Banten di Serang, Selasa (19/3/2024).

Mengangkat tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”, Pj Gubernur Banten Al Muktabar yang membuka acara tersebut mengapresiasi inisiatif dan berterima kasih kepada Bank Indonesia dan perbankan dalam memberikan layanan penukaran uang kepada masyarakat Provinsi Banten pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1445H, dimana masyarakat sangat membutuhkan uang dalam kondisi layak edar untuk dibagikan saat lebaran.

Pj Gubernur turut mengimbau kepada seluruh warga Banten agar menukarkan uang di tempat resmi yang ditunjuk oleh Bank Indonesia agar masyarakat bisa menukarkan uang yang dimilikinya dengan aman dan nyaman dan terhindar dari peredaran uang palsu.

Pj Gubernur mengajak masyarakat agar dapat menggunakan dan merawat uang dengan baik serta belanja dengan bijak, tidak berlebihan, dan disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan belanja bijak maka masyarakat turut berkontribusi menjaga harga kebutuhan pokok tetap stabil.

BI dan Perbankan menyediakan kas keliling untuk mendistribusikan Uang Layak Edar (ULE) kepada masyarakat dimulai tanggal 19 Maret s.d 5 April 2024. Layanan kas keliling BI Bersama Perbankan dilakukan sebanyak 12 titik (kuota sebanyak 6.000 orang), dan layanan penukaran uang di loket bank dilakukan di 199 titik.

Rangkaian kegiatan SERAMBI 2024 meliputi layanan penukaran uang, dan edukasi Rupiah kepada masyarakat yang menggunakan aplikasi PINTAR dalam layanan penukaran uang rupiah; Disamping itu terdapat edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP) tematik Ramadan kepada masyarakat untuk mendorong belanja bijak menggunakan Rupiah. Kegiatan SERAMBI
di Banten secara resmi akan diluncurkan pagi ini tanggal 19 Maret 2024, oleh Gubernur Banten.

Bank Indonesia senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas program SERAMBI setiap tahunnya. Pada tahun ini penguatan program diantaranya penambahan jumlah paket penukaran dari 3,8 juta menjadi maksimal Rp 4 juta, modernisasi armada kas keliling, dan penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada Aplikasi PINTAR untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran.

Untuk menghindari kerumunan dan mempermudah akses masyarakat dalam memperoleh informasi seputar kegiatan kas keliling, maka di era digitalisasi ini Bank Indonesia telah mengembangkan aplikasi yang dapat diakses pada laman PINTAR.GO.ID. Sehingga masyarakat yang ingin melakukan penukaran, dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu.
Pada aplikasi tersebut masyarakat dapat memilih lokasi kas keliling yang tersedia, menginput data pribadi serta mengisi informasi jenis dan jumlah nominal penukaran.

Lebih lanjut, Ameriza juga menyampaikan bahwa dalam rangka memperluas manfaat Program SERAMBI, maka program SERAMBI akan dikemas dan dikolaborasikan dengan local wisdom Banten melalui Gerakan Ramadan Penuh Berkah (GERABAH). Selain kegiatan Penukaran Uang dan CBP Rupiah, GERABAH dikolaborasikan dengan Kegiatan bazar UMKM, Pasar Murah, serta kegiatan dan lomba Religi yang berlokasi di Alun-Alun Kota Serang pada tanggal 5 April 2024.

Kegiatan pembukaan dilakukan oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Ameriza M. Moesa bersama seluruh hadirin melalui pengibaran bendera start pemberangkatan mobil kas keliling sebagai ceremony pembukaan kegiatan penukaran bersama. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *