Tangerang(Bantenkita) – Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 sudah terdengar bunyinya. Sejumlah baliho mau pun spanduk tumpah ruah di sudut-sudut jalan. 

Termasuk yang terjadi di Kota Tangerang baru-baru ini. Kontestasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang periode 2024-2029 sudah kian terasa. 

Nama-nama besar perlahan-lahan muncul ke permukaan publik. Bahkan pasangan bakal calon Sachrudin-Andri S Permana sudah ramai diperbincangkan di lini massa. 

Kedua nama tersebut disinyalir kuat akan maju di Pilkada Kota Tangerang tahun ini. Sachrudin mantan Wakil Wali Kota Tangerang dua periode sangat potensial untuk kembali maju dalam ajang pesta demokrasi lima tahunan itu. 

Hal itu juga diutarakan langsung oleh Andika Panduwinata, Pengamat Politik dan Semiotik. Ia menjelaskan kans Sachrudin untuk memenangi Pilwalkot 2024 begitu kuat. 

Terlebih dia sukses membawa Partai Golkar menjadi pemenang di Kota Tangerang pada Pemilu 2024 yang dihelat Februari lalu. Dari hasil tangan dinginnya partai berlambang beringin itu meraih 9 kursi di DPRD Kota Tangerang.

Sedangkan nama lainnya yakni Andri Permana juga santer disebut-sebut maju pada Pilkada Kota Tangerang 2024. Politisi PDIP itu juga berhasil kembali ke parlemen dengan lolos di Dapil neraka yaitu daerah Tangerang 1 meliputi Kecamatan Tangerang dan Karawaci. 

“Jika dipasangkan Sachrudin dan Andri sangat serasi. Sosok berpengalaman dan anak muda yang progresif,” ungkap pria yang akrab disapa dik itu dalam keterangannya Rabu (20/3).

Lelaki alumni Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran itu juga menambahkan sudah terlihat tanda-tanda bergabungnya PDIP dengan Golkar dalam Pilwalkot Kota Tangerang 2024. Para elite partai intens melakukan pertemuan dan dimaknai bakal berkoalisi.

“Kalau pasangan ini jadi dikawinkan, kita bernostalgia dengan sosok Wahidin Halim dengan Arief R. Wismansyah yang juga sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang pada waktu dulu. Pasangan yang syarat berpengalaman dan Arief saat itu figur anak muda yang sukses karena masih berusia 31 tahun,” ucapnya. 

Menurutnya, Sachrudin memang membutuhkan figur Andri dalam menata pengelolaan pemerintahan jika berhasil memenangi Pilkada tahun ini. Sistem yang sudah baik dilanjutkan namun ada beberapa celah pekerjaan rumah yang mesti dituntaskan di Kota Tangerang ini. 

“Memang butuh sosok anak muda yang energik untuk membantu proses roda pemerintahan. Pelayanan publik sudah cukup baik, tapi masih ada PR yang harus dikerjakan. Seperti banjir, macet, kebutuhan insfrastruktur, ketertiban umum dari revitalisasi Pasar Lama dan lain sebagainya,” kata Dika. 

Dika menyebut bahwa pasangan Sachrudin-Andri terealisasi ini sangat logis. Keduanya memiliki kendaraan politik untuk mengantarkannya maju di Pilkada 2024.

“Sachrudin sebagai Ketua Golkar Kota Tangerang dan Andri Sekretaris PDIP Kota Tangerang. Sangat memenuhi syarat untuk maju. Golkar 9 kursi ditambah PDIP 7 kursi,” ungkapnya.

Baik dari personal branding pun kedua nama ini sangat memadai. Sachrudin sudah lama malang melintang dalam birokrasi, sedangkan Andri sudah kenyang dalam berorganisasi.

“Sachrudin berkarir cukup lama dalam pemerintahan. Pernah menjadi Camat mau pun Wakil Wali Kota. Andri dulu sebagai Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) tingkat nasional, atlet dan anggota DPRD Kota Tangerang. Lebih manarik lagi keduanya sama-sama memiliki visi yang baik dalam segi olahraga mau pun budaya. Sachrudin sebagai Ketua PSSI Kota Tangerang sedangkan Andri Ketua Perbasi Kota Tangerang. Mereka juga sering terjun langsung ke kalangan seniman mau pun masyarakat paling bawah,” beber Dika.

Komunikasi Golkar dan PDIP 

Sementara itu Ketua DPC PDIP Kota Tangerang Gatot Wibowo menerangkan bahwa pihaknya sudah mengantongi sejumlah nama untuk disertakan dalam Pilkada tahun ini. Andri S Permana masuk dalam bursa bakal calon yang akan maju pada Pilwalkot Tangerang 2024.

“Andri sebagai sosok muda yang usianya masih di bawah 40 tahun namun prestasinya sudah sangat luar biasa,” jelas Gatot. 

Andri S Permana selaku Sekretaris PDIP Kota Tangerang juga menyatakan kesiapannya untuk bertarung di Pilkada Kota Tangerang 2024. Ia mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Partai Golkar dalam pencalonannya ini.

“Sudah ada komunikasi, semoga saja ke depan berjalan dengan baik,” tutur Andri. 

Terpisah, Sachrudin pun menyatakan kesiapannya untuk maju pada Pilwalkot Tangerang tahun ini. Pencalonan Sachrudin juga didukung kuat oleh sejumlah elemen masyarakat Kota Tangerang.

“Insya Allah maju, doain ya,” papar Sachrudin.

Seperti diketahui selain nama Sachrudin dan Andri masih ada nama-nama lainnya yang bakal maju di Pilkada Kota Tangerang 2024. Seperti Hilmi Fuad dari PKS dan Turidi Susanto dari Gerindra. Masih ada nama mentereng lainnya yakni Abdul Syukur politisi Demokrat yang juga adik Wahidin Halim serta Aini Suci Wismansyah istri dari Arief R. Wismansyah.

KPU Kota Tangerang sudah menyelesaikan tahapan rekapitulisasi seluruh jenis pemilihan. Dengan jumlah perolehan suara DPRD Kota Tangerang yakni 4 besar di antaranya Golkar dengan 175.053 suara, PDIP 144.107 suara, PKS 130.323 suara, dan Gerindra 114.476 suara.(ditya)

By Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *