Tangerang(Bantenkita)- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang secara resmi telah membuka pelaksanaan Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra PPDB) jenjang sekolah dasar (SD). Dibuka untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), Pra PPDB tersebut akan dilaksanakan mulai 25 Maret-31 Mei 2024 mendatang.

Kepala Disdik Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan, Pra PPDB merupakan tahapan awal dalam proses verifikasi sebelum calon peserta didik mendaftar ke SD Negeri yang tersebar di seluruh wilayah di Kota Tangerang. Lewatnya, Pra PPDB merupakan tahapan penting yang harus dilakukan sebagai prosedur mendapatkan nomor pendaftaran yang dibutuhkan.

“Kami telah membuka proses pendaftaran Pra PPDB mulai hari ini. Nantinya, Pra PPDB akan diverikasi oleh Dinas Pendidikan secara langsung sebelum mendapatkan PIN yang akan berfungsi dalam pelaksanaan PPDB mendatang,” ujar Jamaluddin.

Ia melanjutkan, Disdik Kota Tangerang juga telah merilis prosedur alur pelaksanaan Pra PPDB Kota Tangerang 2024 yang bisa diakses secara mandiri. Selanjutnya, peserta diharuskan melakukan proses registrasi di website resmi yang telah disediakan, yakni melalui prappdb.tangerangkota.go.id.

“Secara alur, peserta dapat mendaftar melalui website yang disediakan, setelahnya nomor pendaftaran yang dan kode PIN yang dibutuhkan akan dikirim melalui WhatsApp yang diunggah sebelumnya,” tambahnya.

Alur Pendaftaran Pra PPDB Kota Tangerang Jenjang SD:

1. Buka Alamat prappdb.tangerangkota.go.id

2. Klik Tombol Daftar, masukkan NIK Siswa, lalu Klik tombol cek NIK, dan masukkan kode yang muncul lalu Klik tombol proses.

3. Pilih jenjang SD lalu lengkapi data siswa dan upload Kartu Keluarga.

4. Tentukan hubungan keluarga dan isikan alamat lengkap.

5. Cari alamat rumah lalu klik lokasi rumah pada peta. (Pastikan alamat rumah sesuai dengan yang tertera pada Kartu Keluarga dan lengkapi data detail alamat.

6. Tentukan asal sekolah, jika dalam kota silakan Tentukan Sekolah asal, NPSN akan terisi otomatis jika luar kota isikan nama sekolah dan NPSN nya.

7. Isikan nomor WhatsApp, lalu Klik tombol simpan.

8. Cek kembali kelengkapan data. Jika sudah, Klik tombol konfirmasi, beri centang pada persetujuan, lalu Klik tombol Simpan.

9. Anda akan mendapatkan WhatsApp yang berisi nomor pendaftaran yang dapat digunakan untuk melihat data Anda.

Jika hasil verifikasi ditolak, siswa diharuskan mengulang pendaftarannya dengan memperbaiki data yang kurang sesuai catatan yang diberikan.

Jika hasil verifikasi diterima, siswa dapat melihat status verifikasi dan mendapatkan nomor PIN yang dapat digunakan saat pendaftaran ppdb SD 2024.

Lebih lanjut, buka kembali alamat prappdb.tangerangkota.go.id.

1. Klik tombol Lihat Data

2. Masukkan nomor pendaftaran, Nik dan kode yang tersedia

3. Lalu klik tombol Lihat Hasil dan Anda dapat melihat status pendaftarandan kelengkapan data Anda.

Dokumen yang dibutuhkan dalam proses Pra PPB

1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)

2. Nomor Kepala Keluarga (KK)

3. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) (jika ada)

4. Identitas diri (nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, nama ibu kandung, dan alamat lengkap)

5. Nomor Telepon (Whatsapp)

6. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Orang Tua

7. Nomor Pokok Sekolah Asal (NPSN). (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *