• Caption Foto: Dadan Kusdiana (kemeja putih) Sekjen Kementerian ESDM bersama Gregorius Adi Trianto Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PT PLN (Persero) (kemeja  navy) saat mengunjungi booth PLN UID Banten di Bazar Sobat Energi Belanja UMKM 2024 pada Selasa siang (26/3). 

Tangerang, (BantenKita) – Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) ikut meramaikan bazar “Sobat Energi Belanja UMKM 2024” yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kegiatan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 26 hingga 28 Maret 2024 dan bertempat di Kantor Setjen Kementrian ESDM, Jakarta Pusat.

Kegiatan Bazar UMKM ini merupakan kerjasama antara Kementerian ESDM dan sejumlah stakeholder dengan fokus pada peningkatan kewirausahaan UMKM yang bangga akan produk buatan Indonesia.

Dadan Kusdiana, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM membuka langsung Bazar Sobat Energi Belanja UMKM 2024 dan menekankan bahwa acara ini tidak hanya tentang bisnis semata, namun juga merupakan wujud kepedulian terhadap UMKM serta kebutuhan masyarakat terkait bulan Ramadan dan Idul Fitri yang mendekat.

“Diharapkan Bazar Sobat Energi Belanja UMKM 2024 bukan hanya menjadi ajang jual-beli, namun juga dapat mendorong minat masyarakat berbelanja produk yang dihasilkan UMKM untuk meningkatkan stimulus ekonomi Indonesia, sekaligus membantu pegawai dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.” pungkas Dadan.

Dua UMKM Binaan PLN Peduli PLN UID Banten turut meramaikan bazar dengan menghadirkan beragam hasil karya kreasi dan produk unggulan ciri khas Provinsi Banten yakni Zalla Fashion dengan jenis usaha konveksi seperti gamis, tunik, kemeja, celana serta Mysiji Snack dengan produk kuliner seperti biji ketapang, makaroni bantet, brownies ring, dll.

  • Caption Foto: Dadan Kusdiana (kemeja putih) Sekjen Kementerian ESDM bersama Gregorius Adi Trianto Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PT PLN (Persero) (kemeja  navy) saat mengunjungi booth PLN UID Banten di Bazar Sobat Energi Belanja UMKM 2024 pada Selasa siang (26/3). 

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis dalam keterangan tertulis, Rabu (27/3/2024) menjelaskan PLN terus konsisten mendukung mitra binaan maupun masyarakat sekitar wilayah operasi PLN UID Banten untuk meningkatkan perekonomian, khususnya bagi para pelaku UMKM.

“Melalui Program PLN Peduli, PLN mendorong para UMKM untuk mewujudkan kemandirian ekonomi. Hal ini juga sejalan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) sekaligus menjadi langkah nyata PLN mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar Abdul Mukhlis.

Sutihat, pemilik Zalla Fashion yang turut memamerkan produk konveksinya dengan koleksi pakaian jadi mulai dari gamis, celana, hingga dress anak sangat antusias dalam mengikuti Bazar Sobat Energi Belanja UMKM 2024 ini.

“Alhamdullilah di hari pertama pembukaan booth kita Zalla Fashion dan Mysiji Snack rame pengunjung, di hari pertama kami dapat omzet kurang lebih 9 juta rupiah, kami berharap pemasaran produk kami semakin luas dan dikenal masyarakat diluar Provinsi Banten. Produk kami juga bisa dibeli langsung lewat Marketplace di Aplikasi PLN Mobile lho!,” pungkas Sutihat. (Rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *