Serang, (BantenKita) – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti mengatakan, Badan Amil Zakat Nasional menjadi salah satu mitra Pemerintah Provinsi Banten dalam penanggulangan kemiskinan. Zakat memiliki potensi besar dalam penanggulangan kemiskinan.

Hal itu diungkap Virgojanti pada Bincang Seputar Zakat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten dalam Wonderful Ramadan di Mall Of Serang, Jl Akses Tol Serang Timur, Kota Serang, Minggu (31/3/2024).

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, dalam pengelolaan zakat dikelola Pemerintah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan masyarakat melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ),” ungkapnya.

“Peran Baznas, mengetuk yang punya kemampuan finansial untuk memiliki kesadaran menunaikan zakat. Karena Zakat wajib,” tambahnya.

Dikatakan, menjadi tantangan tersendiri bagi pengurus Baznas untuk menjadikan masyarakat percaya. Menitipkan zakatnya ke Baznas. Oleh karena itu, dirinya mengimbau warga masyarakat menyalurkan zakatnya melalui Baznas atau LAZ resmi.

“Potensinya besar sekali. Kesadaran masyarakat perlu ditumbuhkan,” ungkap Virgojanti. 

“Pemerintah juga berharap, Baznas turut berkontribusi dalam menangani kemiskinan,” tambahnya.

Masih menurut Virgojanti, zakat dalam menanggulangi kemiskinan potensinya besar sekali. Baznas menjadi salah satu mitra dalam menanggulangi kemiskinan. 

“Tinggal berbagi data untuk penanganannya agar tidak tumpang tindih dengan bantuan pemerintah. Seperti penanganan rumah tidak layak huni, bantuan modal usaha UMKM, beasiswa, dan sebagainya,” jelasnya.

“Tahun 2024, Bapak Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mendapatkan penghargaan Baznas Award sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik,” pungkasnya.

Virgojanti juga meninjau Gerai Zakat Baznas Provinsi Banten di Mall of Serang untuk tunaikan zakat.

Dalam kesempatan itu Ketua Baznas Provinsi Banten Syibli Syarjaya menjelaskan zakat disalurkan diantaranya kepada asnaf. Yakni: fakir miskin, amil, mualaf, memerdekakan budak, orang yang berhutang, dan musafir atau orang yang dalam perjalanan.

“Baznas Provinsi Banten memiliki program keluarga sarjana, program kesehatan membangun rumah sehat Baznas, membantu UMKM, advokasi, dan kemanusiaan seperti bantuan bencana alam, serta rumah singgah,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga disalurkan Zakat dari UPZ Baznas Pemprov Banten dan Baznas Pemprov Banten, kepada guru ngaji, bantuan kesehatan, bantuan untuk siswa SMA, bantuan untuk siswa SMP, serta bantuan untuk siswa SD. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *