Tangerang, (BantenKita) – PT PLN (Persero) memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menggunakan mobil listrik sebagai kendaraannya untuk berpergian jauh ataupun saat melaksanakan mudik lebaran. Pasalnya kini PLN telah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai wilayah.

General PLN UID Banten Abdul Mukhlis dalam keterangan tertulis, Rabu (3/4/2024), menyebutkan bahwa di Provinsi Banten sendiri kini telah ada 29 titik SPKLU yang bisa digunakan oleh pengguna mobil listrik untuk mengisi daya.

“Masyarakat kini tak perlu lagi khawatir akan kehabisan baterai karena PLN siap memberikan pelayanan terbaik dengan tersebarnya jumlah SPKLU dan juga kemudahan dalam penggunaan SPKLU melalui aplikasi PLN Mobile,” ujar Abdul Mukhlis.

Dijelaskannya, PLN terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan dengan fitur-fitur yang mendukung eksosistem kendaraan listrik, salah satunya adalah kemudahan pelanggan untuk mengakses lokasi SPKLU.

“Dengan layanan pengisian daya mobil listrik melalui aplikasi PLN Mobile, kami ingin memberikan kemudahan bagi pengguna mobil listrik untuk mengakses energi bersih dan ramah lingkungan. Melalui aplikasi ini masyarakat bisa mencari lokasi SPKLU terdekat dan melakukan langkah-langkah pengisian daya dengan melalui aplikasi tersebut,” jelas Abdul Mukhlis.

Lebih lanjut, Abdul Muklis menjelaskan langkah-langkah pengisian daya mobil listrik di SPKLU dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

1.Buka aplikasi PLN Mobile yang bisa didownload melalui appstore maupun playstore;

  1. ⁠Pilih fitur Electric Vehicle.
  2. ⁠Setelah itu akan muncul beberapa pilihan antara lain Tukar Baterai, SPKLU dan SPLU.
  3. ⁠Pengguna mobil listrik kemudian dapat pilih SPKLU.
  4. ⁠PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dengan lokasi pengguna mobil listrik. Aplikasi ini juga menyediakan petunjuk arah ke lokasi SPKLU.
  5. ⁠Setelah memilih lokasi SPKLU yang dikunjungi maka pengguna mobil listrik dapat memindai barcode yang tersedia di mesin pengisian daya kendaraan listriknya.
  6. Pilih atau tulis berapa daya yang akan diisi.
  7. ⁠Lanjutkan ke pembayaran yang dilakukan dengan transaksi dompet digital.
  8. ⁠Apabila sudah membayar, maka masukan nozzle pengisian baterai ke tempat pengisian baterai mobil.
  9. ⁠Tunggu sampai tahap sinkronisasi baterai selesai, baru proses pengisian daya akan dimulai.
  10. ⁠Saat pengisian daya selesai, prosesnya akan berhenti otomatis.
  11. ⁠Cabut kembali nozzle dan letakkan pada SPKLU.

“Dengan langkah-langkah tersebut, kami harap masyarakat dapat dimudahkan dalam melakukan pengisian daya untuk mobil listriknya dan juga menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan aman,” tutup Abdul Mukhlis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *