Rangkasbitung, (BantenKita) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten membuka posko siaga kebencanaan selama Lebaran 1445 H/2024 Masehi di sejumlah lokasi.

Kepala BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama di Rangkasbitung, Lebak, Jumat, mengatakan pendirian posko tersebut untuk membantu masyarakat yang tengah merayakan Lebaran dan jika terjadi bencana alam dapat tertangani dengan baik, sehingga mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Selama ini, wilayah Kabupaten Lebak topografi alamnya masuk daerah langganan bencana alam, karena terdapat pegunungan, perbukitan, aliran sungai dan pesisir pantai.

Potensi bencana alam itu, di antaranya banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung, kebakaran, dan gelombang tinggi.

Selain itu, juga posko siaga kebencanaan dapat memberikan pertolongan jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan lalu lintas.

Sebab, pergerakan arus mudik di Kabupaten Lebak cukup padat dan bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas serta mengancam keselamatan jiwa pengendara maupun penumpang.

Petugas kebencanaan yang dilibatkan sebanyak 50 personel, termasuk relawan dan siaga 24 jam.

Petugas kebencanaan itu membuka posko, seperti pos alun-alun, pos pintu Tol Mandala, juga di setiap kecamatan dan di pos PAM wisata Lebaran

“Kami bergerak cepat jika menerima laporan adanya bencana alam untuk memberikan pertolongan agar tidak ada korban jiwa,” katanya.

Menurut dia, saat ini cuaca di wilayah Kabupaten Lebak masih berpeluang hujan, sehingga harus meningkatkan kewaspadaan.

Masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai maupun tebing agar meningkatkan kewaspadaan banjir dan longsor.

Berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir masih berpeluang melanda wilayah Kabupaten Lebak. (Man/Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *