Jakarta, (BantenKita) – Telkomsel resmi meluncurkan layanan “embedded subscriber iIdentity module” (eSIM) guna memberi kemudahan bagi pelanggan saat mengakses seluruh jaringan Telkomsel (2G/4G/5G) setiap saat tanpa perlu kartu SIM fisik.

“Ini bagian dari upaya untuk menghadirkan solusi inovatif untuk merespon ketersediaan ‘handset’ yang telah mengadopsi fitur dan teknologi eSIM sehingga lebih mudah dan praktis,” ujar Direktur Utama Telkomsel Nugroho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, pihaknya menyediakan beragam pilihan paket dan pelanggan dapat secara fleksibel memilih nomornya sendiri sesuai ketersediaan melalui laman tsel.id/esim.

“Proses pembelian dan registrasi eSIM Perdana Telkomsel dapat dilakukan secara daring melalui tsel.id/esim,” katanya.

Selanjutnya, setelah berhasil membeli, pelanggan akan menerima email untuk aktivasi eSIM dengan kode QR yang dapat dipindai dan disimpan sebagai gambar atau dengan kode aktivasi manual, atau dengan aktivasi langsung melalui aplikasi MyTelkomsel.

Selanjutnya, pelanggan dapat melakukan registrasi melalui tautan ke halaman registrasi SIM dengan nomor yang sudah terisi sebelumnya.

Pelanggan diharuskan melakukan validasi nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) sebagai bagian dari proses pendaftaran.

Sesuai regulasi Pemerintah, tiap KTP dan nomor KK hanya dapat digunakan maksimal untuk tiga nomor eSIM.

Sejumlah pilihan
Ia mengakui, sejumlah pilihan paket eSIM dirancang untuk memenuhi kebutuhan beragam pelanggan.

Pertama, eSIM perdana dengan Paket Telkomsel Prabayar untuk menjaga pemakaian pulsa dan kenyamanan konsumsi data dari kuota internet nasional dan lokal sesuai dengan lokasi pembelian kartu perdana.

Kedua, eSIM Perdana Paket Halo+ (pascabayar), pelanggan bisa mendapatkan berbagai benefit yang meliputi kuota semua jaringan untuk data, SMS, dan telepon, keuntungan roaming, kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan di berbagai model pembayaran, serta ketersediaan informasi dan pemakaian tagihan secara lengkap melalui aplikasi MyTelkomsel.

Pelanggan Halo+ juga bisa mendapatkan kuota data yang lebih besar dan bebas akses sejumlah layanan premium OTT. Lebih lanjut, proses registrasi dan migrasi ke Halo+ pun semakin mudah melalui telkomsel.com atau GraPARI terdekat.

Kemudian, eSIM Perdana dengan Paket RoaMAX (prabayar), pelanggan tetap terkoneksi layanan roaming internasional dengan kuota data roaming 10 GB dan masa berlaku tujuh hari, serta aktivasi layanan instan saat bepergian ke lebih dari 85 negara di Asia, Australia, Eropa, Amerika Serikat dan Kanada.

Pelanggan dapat mengisi ulang paket atau memilih paket lain melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *266#. Pelanggan yang sudah memiliki eSIM sebelumnya juga dapat memilih Paket Internet Domestik dan Paket RoaMAX Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, telkomsel.com dan GraPARI.

“Hanya saja, eSIM Telkomsel membutuhkan perangkat yang mendukung teknologi eSIM dan tidak dapat digunakan pada lebih dari satu perangkat,” katanya. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *