Serang, (BantenKita) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar Launching Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Provinsi Banten Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara di Gelanggang Olahraga (GOR) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Banten, Kota Serang, Jumat (31/5/2024).

“Pelatda ini dalam rangka kita mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, karena mereka (para atlet) merupakan salah satu representasi dari Provinsi Banten. Maka saya titipkan agenda ini membawa nama baik Provinsi Banten di dunia olahraga,” ungkap Al Muktabar.

Dikatakan, Pemprov Banten hadir untuk memberikan fasilitas dalam menyiapkan ruang untuk terus meningkatkan prestasi pada bidang olahraga khususnya di Provinsi Banten.

“Olahraga merupakan satu hal yang memiliki kaitan erat dengan industri, dan ini juga memiliki nilai potensi dari aspek ekonomi dan sosial,” katanya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga berharap KONI Provinsi Banten mampu mempersiapkan pelatda ini dengan semaksimal mungkin. Mulai dari sarana dan prasarana para atlet selama berlatih, sehingga mampu mencapai prestasi yang terbaik.

“Pada saat saya menyerahkan petaka kepada para atlet, saya sampaikan hal itu menjadi simbol semangat dan perjuangan kita untuk membawa harum nama Provinsi Banten,” imbuhnya.

“Kita juga minta kepada para atlet untuk tetap menjaga kesehatan dan menjaga semangat sportivitas untuk mencapai cita-cita bersama,” sambungnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Ahmad Syaukani mengatakan pelatda dilaksanakan bertujuan untuk para atlet mampu memberikan penampilan terbaiknya pada saat bertanding di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara nantinya. 

“Pelatda ini supaya kita pada saat PON nanti, mereka mencapai high performance. Maka harus dilatih sampai dengan nanti mereka bertanding, kalau tidak ada pelatda bagaimana memelihara performance mereka,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada para atlet untuk dapat berlatih dengan semangat sehingga pada saat pelaksanaan pertandingan mampu mencapai high performance.

“Dan mampu mengharumkan nama Provinsi Banten pada PON nanti,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua KONI Provinsi Banten Edi Ariadi mengajak kepada masyarakat untuk memberikan dukungan moral kepada para atlet yang akan berlaga pada PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Sehingga menjadi semangat atlet untuk memberikan performa terbaik nantinya. 

“Latihan yang keras dan disiplin menjadi investasi tertinggi dibidang olahraga, diharapkan para atlet tidak mudah menyerah,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan Pelatda Provinsi Banten PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara berlangsung selama 4 bulan meliputi monitoring, tes fisik, pelatihan kecaboran dan karakter para atlet.

Pada PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, Kontingen Provinsi Banten mengikuti 57 cabang olahraga dan 270 nomor yang dipertandingkan. Dari 57 cabang olahraga yang diikuti nanti ada komposisi atlet yang akan menjadi kontingen terdiri dari 3 prioritas, prioritas pertama sebanyak 35 atlet, prioritas kedua sebanyak 130 atlet dan prioritas ketiga sebanyak 211 atlet. Sehingga total 376 atlet. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *