Tangerang(Bantenkita)- Dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), diselenggarakan pula Indonesia City Expo (ICE) Business Forum, di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) Dome, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).

Acara ICE Business Forum merupakan seminar yang membahas terkait pembangunan daerah. Tentunya dihadiri anggota APEKSI, pelaku UMKM, dan investor dari dalam hingga luar negeri.

Tak ketinggalan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang juga turut menghadiri ICE Business Forum yang dipenuhi narasumber berkompeten dibidangnya. Salah satunya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono.

“Kami Dinas PUPR bersama rombongan Pemkot Tangerang menghadiri ICE Business Forum, dimana di dalam rangkaian kegiatannya dipaparkan terkait trend perkembangan ekonomi di wilayah perkotaan ke depannya,” tutur Ruta dalam keterangannya.

Ia pun mengatakan, poin-poin lainnya yang dibahas yakni pengembangan smart city, potensi penanaman modal daerah, serta investasi daerah. Nantinya, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dimana ditekankan terkait transformasi ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. Pemkot Tangerang akan mencoba melihat apa yang bisa diimplementasikan di Kota Tangerang.

“Pembahasan di ICE Business Forum ini sangat baik untuk semua stakeholder. Ini bisa menjadi evaluasi bersama sesuai dengan perkembangan dunia. Sehingga bisa berkolaborasi dengan antar kota, serta mendapatkan arahan dari apa yang dikerjakan di pemerintahan pusat bisa tersampaikan dengan baik ke tingkat provinsi hingga daerah,” ujar Ruta.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni mengatakan, ICE Business Forum menghadirkan narasumber dari Direktur Pendanaan, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi, Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Insyafiah, Saribua Siahaan dari Kementerian Investasi/BKPM RI, Gensly dari Kementerian Dalam Negeri RI, Budi Widihartanto dari Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur.

“ICE Business Forum merupakan platform untuk memperkenalkan dan mendorong bagaimana menjadi kota layak huni. Karena kota yang menuju smart city tidak hanya pemerintah daerah menyiapkan fasilitas, namun juga menjembatani masyarakat untuk kolaborasi pentahelix dalam sebuah bisnis di era smart digital,” terang Sri.(diitya)

By Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *