Tangerang, (BantenKita) – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445H/2024 M,  Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, meninjau langsung pelaksanaan skrining kesehatan hewan kurban yang berlokasi di lapak hewan Kurban, Cipondoh Makmur, Senin (10/6/2024). 

Dalam peninjauan tersebut, Pj Wali Kota Tangerang, didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, serta tim medis hewan dari DKP. Dalam kesempatannya, Pj Wali Kota, memastikan hewan kurban di Kota Tangerang sudah layak disembelih untuk kurban.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil skrining yang dilakukan oleh tim medis hewan, sapi-sapi yang dijual di sini dipastikan dalam kondisi sehat, tidak cacat, dan cukup umur. Hewan-hewan ini telah memenuhi kriteria yang disyaratkan untuk dijadikan hewan kurban, sehingga ibadah kurbannya insya Allah diterima oleh Allah SWT,” jelas Pj Wali Kota, usai meninjau. 

Lebih lanjut, Pj Wali Kota, mengatakan, tahun ini, diperkirakan terdapat sekitar 23.000 ekor hewan kurban. Kondisi ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. “Jumlah ini tergolong cukup besar dan menjadi peluang bagi para peternak untuk meningkatkan pendapatannya,” ujar Dr. Nurdin. 

Mantan Bupati Aceh Jaya ini, sebagai tanda bahwa hewan kurban telah melalui proses skrining dan layak untuk dikurbankan. Pj bersama tim DKP, juga menempelkan stiker hewan kurban yang telah diperiksa di lokasi lapak. Stiker tersebut dapat menjadi panduan bagi masyarakat dalam memilih hewan kurban.

Pj Wali Kota, juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk membeli hewan kurban di tempat yang terpercaya dan telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari tim medis hewan. “Pastikan hewan kurban yang dibeli dalam kondisi sehat dan memenuhi kriteria yang disyaratkan,” tutup Dr. Nurdin.

Usai melakukan pemeriksaan, penempelan stiker lulus uji tes kesehatan pun dilakukan oleh pemerintah kota Tangerang di lapak hewan kurban Pak Amir yang terletak di depan Rumah Sakit Sari Asih Cipondoh Kota Tangerang. 

Itu semua dilakukan sebagai bentuk menandakan lolosnya tes kesehatan yang dilakukan pada hewan hewan kurban yang ada di lokasi tersebut. (Sam)

BalasTeruskanTambahkan reaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *