Jakarta, (BantenKita) – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) tidak hanya menyalurkan energi ke masyarakat, tetapi terus menunjukkan dukungan terhadap pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang telah berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional. Tahun ini, Pertamina Patra Niaga Regional JBB perdana mengadakan Pertamina UMK Academy 2024 yang diselenggarakan secara luring di Kantor Pertamina Patra Niaga Regional JBB, Jakarta pada Rabu (12/6).

Pertamina UMK Academy merupakan program bagi Mitra Binaan Pertamina yang dirancang untuk membantu meningkatkan kualitasnya. Dalam pelatihan yang diselenggarakan di wilayah Regional JBB kali ini diikuti oleh 110 peserta secara luring dan 44 peserta secara daring yang merupakan pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang telah lolos seleksi di tingkat regional dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Banten dan Karawang dengan materi pelatihan berupa Kunci Menuju UMK Sukses, Rahasia Mengelola Keuangan Bisnis Lebih Lancar dan Jurus Jitu Promosi Cepat Laris.

Pjs Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Muslim Dharmawan mengatakan bahwa UMK Academy 2024 ini merupakan komitmen Pertamina dalam melakukan pembinaan terhadap Mitra Binaannya agar dapat naik kelas dan menjadi wirausaha yang mandiri, maju dan berkembang.

“Terdapat beberapa indikator agar UMK dinyatakan naik kelas diantaranya terlihat dari penambahan tenaga kerja yang terlibat, peningkatan penjualan, pelibatan warga sekitar, telah memiliki sertifikat lokal atau internasional sehingga bisa ekspor ke luar negeri dan hal-hal seperti ini dapat diraih melalui pelatihan dalam program Pertamina UMK Academy 2024 ini. Jadi para peserta dapat memanfaatkan kesempatan sebesar-besarnya untuk memperbanyak ilmu dan pembelajaran demi kemajuan usaha mereka,” tutur Muslim dalam keterangan tertulis, Jumat (14/6/2024).

Pertamina Patra Niaga Regional JBB dalam kegiatan tersebut juga melakukan pembinaan mengenai peningkatan jangkauan pasar dan kapasitas produksi, mengelola keuangaan untuk kelancaran bisnis serta pemasaran secara online hingga dapat bersaing di kancah pasar internasional. Tidak hanya melakukan pelatihan, tetapi juga melakukan pemaparan _success story_ dari salah satu Mitra Binaan Pertamina.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya UMK Academy ini dapat menjadikan Mitra Binaan kami  mencapai _”Go Online, Go Modern, Go Digital, dan Go Global”_ sehingga dapat menjadi penyongsong ekonomi nasional berkelanjutan.” tutup Muslim.

Selain itu, komitmen Pertamina dalam mendukung pengembangan UMK merupakan bagian dari pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang sejalan dengan _Sustainable Development Goals_(SDG’s) poin 8 yaitu Menyediakan Pekerjaan yang Kayak dan Pertumbuhan Ekonomi (_Decent Work and Economic Growth_). (Rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *