Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang menghadiri kegiatan Forum Smart City Nasional, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Kota Denpasar, Provinsi Bali, Senin (24/6/2026).

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti menuturkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan Kemenkominfo dalam mengevaluasi Gerakan 100 Smart City di Indonesia. Tentunya Kota Tangerang merupakan salah satu kota yang telah menerapkan smart city.

“Kegiatan ini membahas berbagai tantangan dan peluang pengembangan implementasi program kota cerdas (smart city), sekaligus pameran teknologi terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan kota cerdas (smart city). Dan kami juga telah melewati tahap pertama tahun 2024 evaluasi Gerakan 100 Smart City,” tuturnya.

BACA JUGA :Dinas Kominfo Gelar Pelatihan Pemanfaatan Medsos Bagi Pegiat KIM

Lanjut Indri, evaluasi tersebut meliputi assessment yang dilakukan oleh beberapa asesor yakni dari akademisi, praktisi, serta unsur Kemenkominfo RI. Dimana Kota Tangerang juga telah memaparkan program-program smart city yang terdiri dari enam dimensi.

“Dalam program smart city yang selama ini telah diterapkan di Kota Tangerang yakni smart governance, smart living, smart branding, smart society, smart environment, dan smart economy. Itu merupakan poin yang telah diamanatkan lewat Perwal Nomor 108 tahun 2018 tentang Master Plan Smart City Kota Tangerang,” terang Indri.

Tak sampai di situ, pada kesempatan itu pula Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti juga didapuk menjadi narasumber dalam Forum Smart City dengan pembahasan mengenai Integrasi berbagai layanan publik dalam satu sistem yang terhubung untuk memudahkan akses dan koordinasi antar instansi pemerintah, Selasa (25/6/2024) esok. (Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *