Tangerang, (BantenKita) – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “PLN Peduli” terus berupaya mendorong kemandirian ekonomi masyarakat dan mengembangkan potensi lokal di Provinsi Banten selaras dengan arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipimpin oleh Menteri Erick Thohir. Salah satu program unggulan adalah program Kampung Berdaya PLN bertajuk Budidaya Lele Gucang Farm di Kelurahan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Komunitas Petani Lele Gucang Farm ini awalnya mendapatkan bantuan pengembangan usaha berupa 80 kolam pembibitan di Rukun Warga (RW) 04, setelah memperoleh keuntungan mereka mampu mengembangkan usaha hingga memiliki 150 kolam di tahun 2023 lalu. 

Di tahun 2024 ini, telah dilakukan pembuatan 36 kolam bioflok yang terletak di kawasan RW 05. Kolam bioflok ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan hasil budidaya ikan, mengingat teknologi bioflok mampu mengurangi penggunaan air dan pakan namun menghasilkan produksi ikan yang lebih tinggi.

“Alhamdulillah berkat bantuan peralatan dan pendampingan dari PLN kini produktivitas dan kualitas hasil budidaya kami meningkat secara signifikan. Hal ini tentu saja tidak hanya berdampak positif pada usaha kami, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar yang terlibat dalam kegiatan ini” ujar Agus Setiawan, Ketua Gucang Farm.

Tidak hanya itu, PLN Peduli juga mendukung masyarakat RW 02, RW 05, dan RW 06 dengan menyediakan mesin olahan pakan ikan, yang memungkinkan para peternak ikan untuk memproduksi pakan secara mandiri dengan biaya yang lebih rendah. Berbagai perlengkapan budidaya ikan juga telah disalurkan kepada masyarakat. Mulai dari peralatan pemeliharaan kolam hingga alat-alat pendukung lainnya guna mendukung kegiatan budidaya ikan yang lebih efektif dan efisien.

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis dalam keterangan tertulis, Selasa (2/7/2024) menjelaskan bahwa PLN Peduli memberikan dukungan terhadap pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan. Ini merupakan bentuk PLN dalam melaksanakan _Sustainability Development Goals_ (SDG’s) khususnya SDG’s 8 yaitu pilar pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi sehingga terciptanya komunitas yang berkelanjutan.

“Kami berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat di sekitar agar memiliki tingkat ekonomi yang lebih baik dengan memberdayakan kemampuan yang dimiliki, juga diharapkan mereka bisa memberikan kontribusi juga untuk lingkungan sekitarnya,” ungkap Abdul Mukhlis. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *