Serang, (BantenKita) – Ribuan masyarakat semua kalangan antusias menghadiri Roadshow Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Tahun 2024 di Lapangan Kecamatan Pontang pada Rabu, 3 Juli 2024. Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menilai, antusiasnya masyarakat sebagai cerminan semangat menjaga kebersihan.

“Antusias masyarakat luar biasa mencerminkan semangatnya untuk menjaga kebersihan lingkungannya, keindahan lingkungannya dan keamanan lingkungannya masing-masing di daerah pemilihan (dapil) satu Kecamatan Pontang, Tanara, Tirtayasa, Lebak wangi, Binuang dan Carenang,”ujar Tatu kepada wartawan usai roadshow . 

Tatu mengatakan, Roadshow LKBA Tahun 2024 merupakan ke 6 kali yang dilaksanakan Pemda Kabupaten Serang bekerjasama perusahan media, TNI dan Polri untuk tetap konsisten mengajak masyarakat menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan. “Kami berharap jajaran panitia terus semangat mengajak masyarakat melalui kegiatan (LKBA) ini,”ajaknya.

Dilaksanakannya LKBA selama 6 tahun terakhir, menurut Tatu, tidak mudah mengubah perilaku masyarakat untuk mau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS. Oleh karenanya, pihaknya terus mengadakan LKBA secara tidak langsung memaksa masyarakat untuk mengubah perilaku hidup bersih. 

“Saya berharap dengan terus di paksa membiasakan diri hidup sehat bersih lingkungannya ini bisa menjadi kebiasaan mereka. Jadi di ulang-ulang terus supaya mereka menjadi hebit, sudah menjadi budaya mereka hidup bersih dan sehat dan aman itu,”katanya.

Oleh karenanya, sambung Tatu, menjaga kesehatan masyarakat tentunya di awali dengan kebersihan lingkungannya dengan menjaga lingkungan yang bersih. “Mereka juga harus menjaga lingkungan yang aman dari kejahatan, aman dari narkoba, tentunya kalau semua yang menjaga masyarakat itu sendiri ini akan lebih mudah tercipta masyarakat hati yang bersih, sehat dan aman,”paparnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Haryadi mengatakan, dengan terus dilaksanakannya LKBA untuk meningkatkan partisipasi masyarakat menjaga kebersihan dan keamanan sebagai cerminan umat muslim. “Kebersihan sebagian dari iman, lingkungan kita ini harus bersih. Roadshow LKBA ini sebagai saran sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya kebersihan, keamanan dan kenyamanan lingkungan,”ujarnya.

Turut hadir para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang, unsur muspika di 6 kecamatan dan ribuan masyarakat. Roadshow LKBA 2024 di awali dengan senam bersama, pembagian door prize, dan penyerahan berbagai bantuan kepada masyarakat.

Tampak juga mobil pelayanan terparkir meliputi pelayan administrasi kependudukan (adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), pelayanan Keluarga Berencana atau KB Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A), Pelayanan pembayaran pajak keliling Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD). (Ril)

BalasTeruskanTambahkan reaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *