Merak, (BantenKita) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ikuti Rapat Persiapan Pengamanan dan Pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M. Rapat dilaksanakan di Dermaga Eksekutif Sosoro Mall, Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon, Senin (1/4/2024). Memastikan pengamanan dan pelayanan Mudik Lebaran 2024 aman dan nyaman agar masyarakat yang mudik selamat sampai tujuan. 

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto beserta rombongan berdialog dengan para calon penumpang kapal, proses dan prosedur pemeriksaan tiket untuk kesesuaian manifes penumpang kapal, serta meninjau kesiapan Kapal Portlink ASDP yang siap diberangkatkan. Serta menyerahkan bingkisan kepada petugas jaga di Pos Terpadu Pelabuhan Merak.

Al Muktabar mengatakan Pemerintah Provinsi Banten telah berbagi tugas sesuai kewenangan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelayanan Mudik Lebaran 2024 kepada masyarakat. 

“Kita telah membagi kewenangan. Untuk kewenangan Provinsi terus kita proses, termasuk Penerangan Jalan Umum (PJU, red),” ungkapnya.

“Demikian pula dengan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk destinasi wisata, termasuk PJU terus berproses,” pungkasnya.

Menko Polhukam menegaskan, pemerintah menjamin keamanan para pemudik dari keberangkatan sampai tempat tujuan. Demikian pula untuk baliknya agar aman dan nyaman. Menurutnya, infrastruktur jalan, rambu lalu lintas, PJU, Pos Keamanan, Pos Pelayanan. Hingga Pos Terpadu semua sudah dipersiapkan. 

Dikatakan, pihaknya juga sudah memikirkan kondisi tidak normal. Dengan mencarikan jalan alternatif bila terjadi kemacetan. Jika terjadi penumpukan di dermaga, disiapkan tempat parkir yang luas.

“Hari ini kita lakukan koordinasi. Semuanya berjalan dengan baik. Termasuk pelayanan di pelabuhan,” ucap Hadi.

“Belilah tiket sehari sebelum mudik. Isi aplikasi untuk manifes,” imbaunya. 

Dirinya juga mengimbau pemudik yang menggunakan mobil pribadi untuk tahu batas diri. Ketika kelelahan atau mengantuk segera beristirahat di rest area. Para pengemudi bus juga diimbau untuk tidak ugal-ugalan

“Insya Allah mudik 2024 akan berjalan aman. Ada Pasukan Gabungan, Ormas, hingga Pramuka siap membantu,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan diperkirakan jumlah pemudik 2024 meningkat 65 persen dibanding dengan tahun 2023. 

“Kami semua mengimbau agar mudik berjalan aman dan lancar. Apabila tidak ada kegiatan agar melakukan mudik lebih awal atau lebih cepat,” ucapnya.

“Terkait dengan pengamanan, silakan melapor ke pos. Kita siap melakukan pengawalan. Semoga masyarakat merasakan mudik yang aman dan lancar. Selamat sampai tujuan,” pungkasnya. (Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *