Tangerang(Bantenkita)- Polres Metro Tangerang Kota bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memperkuat kesiapsiagaan pengamanan Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah. Salah satunya, dengan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat ‘Ketupat 2024’, di Mako Polres Metro Tangerang Kota, Rabu (3/4/24).

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menuturkan, Apel Gelar Pasukan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dalam rangka Operasi Ketupat Jaya 2024.

“Dalam kegiatan ini, seluruh pihak saling menetapkan koordinasi antarpetugas, instansi terkait dan stakeholder terlibat. Mengecek kesiapan seluruh pasukan pengamanan,” tegas Zain, usai apel.

Ia pun menjelaskan, pengamanan Idulfitri 2024 ini disiagakan 1.416 petugas gabungan. Mulai dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, BPBD, Dinas Kesehatan, PMI, Pramuka serta jajaran samping Pokdarkamtimnas dan Senkom.

“Di samping itu, juga disiagakan 4 pos pengamanan, 4 pos pelayanan serta 2 pos pantau. Diharapkan, dengan gelaran pos dan petugas gabungan dapat mengantisipasi kemungkinan kerawanan yang dimungkinkan terjadi. Baik itu, kriminalitas, arus lalu lintas maupun gangguan kamtibnas lainnya,” tutur Zain.

Lanjutnya, selama musim Idulfitri 2024, petugas gabungan akan lebih berkonsentrasi pada jalur arus mudik maupun arus balik Lebaran Idulfitri mendatang.

“Konsentrasi akan difokuskan pada beberapa titik. Yakni, jalan tol di rest area KM 13, 5 Pinang dan KM 14 Kunciran arah Banten dan Jakarta. Selain itu jalur arteri dan titik keberangkatan seperti Terminal Poris Plawad,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Zain pun mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk berhati-hati dan selalu waspada dalam aktivitas mudik Lebaran. Seperti menjaga kesehatan fisik, dan jika lelah utamakan istirahat di seluruh fasilitas pos-pos mudik yang disediakan.

“Bagi yang meninggalkan rumah, bisa menitipkan ke warga sekitar dan menitipkan motor dan mobilnya ke Polres Metro Tangerang Kota secara gratis,” ujarnya.(deetya)

By Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *