Tangerang(BantenKita)- Bakal calon gubernur Banten Arief Wismansyah bertemu dengan kelompok  masyarakat adat Baduy, Kamis (13/6/2024) Desa Wisata Saba Budaya Baduy, Kecamatan Leuwidamar  Kabupaten Lebak. Dalam pertemuan itu Arief mendapatkan aspirasi dari masyarakat adat yang terkenal  dengan tradisinya yang kuat tersebut.

Tokoh masyarakat Baduy yang ditemui yakni Ayah Karmain, ia menyampaikan aspirasinya yakni soal kelestarian alam dan budaya Baduy.

Ayah Karmain menyatakan, ada adat yang tak boleh dilanggar oleh masyarakat Baduy dan mesti dipatuhi.  “Apa yang ada, yakni amanah-amanah dari para leluhur. Yang jelas berupa fisik-fisik bangunan seperti di luar  (Baduy) kami nggak bisa,” ungkapnya.

Sesuai dengan komitmen yang telah dibangun bersama  tokoh-tokoh lainnya masih boleh dilakukan pembangunan secara terbatas seperti jembatan. “Itu pun sifatnya sederhana,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ayah Karmain juga mendoakan sekaligus mendukung niat Arief untuk mencapai cita-cita, terutama dalam Pilgub Banten.  “Kami ingin menjelaskan kepada masyarakat (Baduy), bahwa bapak punya niatan di  Banten ini. Insya Allah kami  ingin memaparkan kepada masyarkaat, dan mendukung sesuai dengan cita-cita  bapak. Kehareup, kedepan kami juga mendukung, mendoakan mau bilang sama warga bahwa ke sini  harapannya supaya sukses dan bermanfaat,” ucapnya

Menanggapi aspirasi ini, Arief menekankan bahwa dirinya banyak dan terus belajar agar bisa dibimbing untuk  membawa kebaikan serta kemajuan. “Karena kalau kita lihat, banyak suku dan budaya dan masyaraka yang mempunyai nilai. Dan kalau itu digabungkan jadi sebuah kekuatan. Makanya ini harus terus dilestarikan dan dijaga,”  ungkapnya.

Bahkan Arief menambahkan, bila perlu masyarakat lain di delapan kabupaten/kota diperkenalkan juga nilai-nilai  keluhuran suku Baduy ini.

Pertama kali berinteraksi secara langsung dengan masyarakat Baduy Arief juga begitu kagum dengan  norma-norma yang dianut masyarakatnya. “Bukan saja soal ramah tamahnya, tapi juga gotong royong dan  kekompakannya. Ini kekayaan masyarakat suku Baduy,” ujarnya.(ditya)

By Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *